Selasa, 29 Januari 2013, 11:50 WIB

Subhanallah, Beginilah Semangat Keislaman di Bristol (3-habis)

Rep: Afriza Hanifa/ Red: Heri Ruslan
cittykey.uk
Kota Bristol
Kota Bristol

REPUBLIKA.CO.ID, Aktivitas pemuda
Pemuda Muslim di Bristol sangat aktif berkegiatan. Tak hanya kegiatan keislaman, namun juga sosial budaya. Bristol Muslim Unity  (BMU) menjadi wadah penggalian potensi Muslim Bristol yang berusia 12-25 tahun. Mereka rutin menggelar aktivitas, seperti diskusi dengan beragam isu, kegiatan pemuda masjid, serta olahraga, seperti sepak bola, cricket, dan bola basket. “Setiap Oktober digelar liga sepak bola yang mempertandingkan tim wakil masjid, wakil universitas, serta tim polisi di Bristol,” tulis web BMU.

Pemuda Muslim Bristol pun ikut andil dalam penyebaran dakwah Islam, dengan gaya mereka tentunya. Tahun lalu, mereka terlibat dalam pembuatan film dokumenter yang mengisahkan Islamofobia di kota ini. Film berjudul Islam Ain't That Scary itu tayang perdana pada 11 September 2011 sekaligus untuk memperingati peristiwa 11 September (9/11).

Salah satu aktor, Nawaaz Hussein (17 tahun), mengaku senang dapat ikut serta meluruskan pandangan miring terhadap Islam. Ia pun girang dapat mempelajari kondisi Muslimin di Bristol. “Kami ingin melihat apakah Islamofobia tumbuh di tengah masyarakat Bristol, ataukah ini cuma isu yang dikembangkan media dan individu tertentu.”