Sabtu, 8 Muharram 1436 / 01 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Romo Benny: Muslim Rohingya Harus Dilindungi

Kamis, 19 Juli 2012, 16:28 WIB
Komentar : 5
ANTARA
Romo Benny Susetyo
Romo Benny Susetyo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Muslim Rohingya di Negara Bagian Rakhine, Myanmar, masih mengalami diskriminasi, kekerasan dan ancaman pembersihan etnis atau genosida oleh pemerintahan militer di negara itu. Menurut rohaniawan Katolik, Romo Antonius Benny Susetyo, kekerasan terhadap Muslim Rohingya merupakan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) berat.

"Ini menyangkut penindasan dan merupakan bertentangan dengan HAM. Muslim Rohingya harus segera dilindungi dan diselamatkan," kata Romo Benny yang dihubungi Republika, Selasa (19/7).

Romo Benny menambahkan penindasan dan diskriminasi terhadap satu etnis atau agama tertentu sangat bertentangan dengan konstitusi hukum dan melanggar HAM. Apalagi penindasan ini juga disertai dengan dilarangnya dalam melakukan kewajibannya sebagai pemeluk agama.

Menurutnya Indonesia harus bertindak tegas dengan mengirimkan protes keras kepada pemerintah Myanmar. Pemerintah Indonesia juga dapat mengajak negara-negara lain seperti dalam kawasan Asia Tenggara dan juga Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk juga menindak tegas tragedi kemanusiaan ini.

"Ini persoalan martabat kemanusiaan. Saya dengar Sekjen (Sekretaris Jenderal) PBB akan turun langsung ke sana (Myanmar)," jelasnya.

Reporter : Bilal Ramadhan
Redaktur : Djibril Muhammad
Tahukah engkau apa yang menghancurkan Islam?” Ia (Ziyad) berkata, aku menjawab, “Tidak tahu.” Umar bin Khattab RA berkata, “Yang menghancurkan Islam adalah penyimpangan orang berilmu, bantahan orang munafik terhadap Alquran, dan hukum (keputusan) para pemimpin yang menyesatkan.”(Riwayat Ad-Darimi, dan berkata Syaikh Husain Asad: isnadnya shahih))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ini Pembahasan Presiden Rwanda dan Ketua DPD RI
JAKARTA --  Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman kedatangan Presiden Rwanda, Paul Kagame di Komplek Parlemen Senayan, Jumat (31/10). Ada beberapa hal...