Friday, 7 Muharram 1436 / 31 October 2014
find us on : 
  Login |  Register

Menara Masjid Raksasa Turki akan Salip Masjid Madinah

Thursday, 05 July 2012, 17:33 WIB
Komentar : 0
.
Pemakaman di dekat Masjid Nabawi, Madinah
Pemakaman di dekat Masjid Nabawi, Madinah

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL - Sempat diisukan sebatas wacana, pembangunan masjid Agung Camlica, Istanbul akhirnya bakal terlaksana. Kabarnya, tinggi menara masjid ini bakal mengalahkan menara masjid Madinah, Arab Saudi.
 
Kepala Protek Pembangunan Masjid Mehmet Guner mengatakan proyek ambisius ini akan menonjol dalam segi ukuran. Semisal saja, pihaknya bakal membangun Kubah yang ukurannya lebih besar dari yang sebelumnya. "Tak hanya itu, akan dibangun menara masjid tertinggi di dunia, setidaknya ada enam menara yang dibangun," papar dia seperti dikutip hurriyetdailynews.com, Kamis (5/7).
 
Guner sendiri ditunjuk PM Turki Reccep Tayyip Erdogan sejak 20 Mei lalu guna memimpin proyek pembangunan masjid itu. Guner lalu dibantu tiga rekannya. Oleh Erdogan, mereka diberikan ruang kerja khusus guna mempermudah pelaksanaan pembangunan.
 
"Saya kira semuanya sudah siap. Izin pembangunan tidak lagi diperlukan setelah kementerian Perencanaan Tata Kota dan Lingkungan hidup sudah menyetujui proyek pembangunan itu. "Mereka sudah siapkan rencana rincinya," ungkapnya.
 
Pemerintah Turki berencana untuk membangun masjid raksasa di Istanbul. Rencana pembangunan masjid seluas 15 ribu meter persegi itu diumumkan Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan. Masjid itu akan dibangun di Camlica Hill, sehingga bangunannya dapat dilihat dari seluruh penjuru kota yang ditaklukkan Sultan Mehmet II pada 27 Mei 1453 itu.
 
"Saya yakin proses pengerjaan akan dimulai dalam dua bulan. Masjid raksasa ini didesain agar bisa tampak dari seluruh penjuru kota Istanbul," ujar Erdogan, Selasa (29/5) lalu saat membuka pusat kerajinan tradisional di dekat distrik Kandilli.
 
Namun, rencana itu sempat mulur lantaran Menteri Perencanaan Tata Kota dan Lingkungan Hidup belum menyatakan persetujuan. Menteri Kebudayaan dan Pariwisatan Turki, Ertugrul Gunay menyatakan belum ada langkah konkret yang dilakukan guna mengimplementasikan ide Perdana Menteri Turki, Reccep Tayyip Erdogan untuk membangun Masjid terbesar di Istanbul. Tak berselang lama, Menteri Perencanaan Tata Kota dan Lingkungan Hidup akhirnya setuju dengan rencana tersebut.

Reporter : Agung Sasongko
Redaktur : Djibril Muhammad
Hadis riwayat Abu Musa ra., ia berkata: Aku pernah bertanya: Wahai Rasulullah, Islam manakah yang paling utama? Rasulullah saw. bersabda: Orang yang kaum muslimin selamat dari lisan dan tangannya. (HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
'Satu Satu Aku Sayang Ibu,' Siswa SD di Amerika Bernyanyi dan Bermain Angklung
WASHINGTON DC -- Sekitar 200 siswa SD dari tiga negara bagian di Amerika mempergelarkan musik angklung di Washington DC. Mereka tampil dalam rangkaian...