Selasa, 03 Juli 2012, 09:06 WIB

Ulama Saudi: Awal Puasa 20 Juli

Red: Djibril Muhammad
Arab News
Muslim Arab Saudi saat shalat Idul Fitri
Muslim Arab Saudi saat shalat Idul Fitri

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Anggota Dewan Ulama senior di Kerajaan Arab Saudi, Sheikh Abdullah Al-Manie mengatakan awal puasa akan jatuh pada Jumat, 20 Juli mendatang. Sementara Hari Raya Idul Fitri pada Jumat, 19 Agustus.

Ia melanjutkan, puasa akan berakhir pada Sabtu, 18 Agustus. Hari-hari yang berkaitan dengan kegiatan keagamaan dan ritus lainnya harus dikonfirmasi via penampakan bulan baru dan perintah kerajaan.

Al-Manie menambahkan hari Arafah akan jatuh pada Kamis 25 Oktober dan tahun Hijriyah berikutnya 1434 akan dimulai pada 15 November.

Tradisi dari 15 tahun terakhir yang mengumumkan awal kemungkinan Ramadhan, Idul Fitri dan haji adalah untuk membantu persiapan dalam melihat bulan baru.

Pengumuman ini juga memungkinkan cukup waktu untuk mendiskusikan hal yang berkaitan dengan penampakan bulan baru, demikian laporan koran lokal Senin (2/7) kemarin.

"Matahari akan ditetapkan pada tanggal 29 Syawal (bulan ke-10 Hijriyah setelah Ramadhan) yang sesuai dengan 9 Oktober pada 06:23, lima menit sebelum bulan akan ditetapkan pada 6:28 pm," ujar Al-Manie.

Hari pertama Dzulqaidah (11 Hijriyah bulan) akan terjadi pada Senin 17 September, sedangkan Dzulhijjah akan mulai pada 17 Oktober. Idul Adha pada 26 Oktober.

Sumber : Arab News
loading...