Rabu, 28 Zulhijjah 1435 / 22 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Ulama Saudi: Awal Puasa 20 Juli

Selasa, 03 Juli 2012, 09:06 WIB
Komentar : 50
Arab News
Muslim Arab Saudi saat shalat Idul Fitri
Muslim Arab Saudi saat shalat Idul Fitri

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Anggota Dewan Ulama senior di Kerajaan Arab Saudi, Sheikh Abdullah Al-Manie mengatakan awal puasa akan jatuh pada Jumat, 20 Juli mendatang. Sementara Hari Raya Idul Fitri pada Jumat, 19 Agustus.

Ia melanjutkan, puasa akan berakhir pada Sabtu, 18 Agustus. Hari-hari yang berkaitan dengan kegiatan keagamaan dan ritus lainnya harus dikonfirmasi via penampakan bulan baru dan perintah kerajaan.

Al-Manie menambahkan hari Arafah akan jatuh pada Kamis 25 Oktober dan tahun Hijriyah berikutnya 1434 akan dimulai pada 15 November.

Tradisi dari 15 tahun terakhir yang mengumumkan awal kemungkinan Ramadhan, Idul Fitri dan haji adalah untuk membantu persiapan dalam melihat bulan baru.

Pengumuman ini juga memungkinkan cukup waktu untuk mendiskusikan hal yang berkaitan dengan penampakan bulan baru, demikian laporan koran lokal Senin (2/7) kemarin.

"Matahari akan ditetapkan pada tanggal 29 Syawal (bulan ke-10 Hijriyah setelah Ramadhan) yang sesuai dengan 9 Oktober pada 06:23, lima menit sebelum bulan akan ditetapkan pada 6:28 pm," ujar Al-Manie.

Hari pertama Dzulqaidah (11 Hijriyah bulan) akan terjadi pada Senin 17 September, sedangkan Dzulhijjah akan mulai pada 17 Oktober. Idul Adha pada 26 Oktober.

Redaktur : Djibril Muhammad
Sumber : Arab News
Sesungguhnya Allah sekali-kali tidak akan mengubah sesuatu nikmat yang telah dianugerahkan-Nya kepada sesuatu kaum, hingga kaum itu merubah apa yang ada pada diri mereka sendiri, (( QS.An Anfaal 8 : 53 ))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Jika Diperlukan Dalam Kabinet Jokowi, Ini Sikap Muhammadiyah
JAKARTA --  Ketua Umum Muhammadiyah mengharapkan presiden Joko Widodo dan kabinetnya bisa menjalankan amanah dan tunaikan janji yang disampaikan pada kampanye lalu. Untuk siapa...