Sunday, 26 Zulqaidah 1435 / 21 September 2014
find us on : 
  Login |  Register

Inilah Sosok Hakim Muslim di Pengadilan Tinggi AS

Monday, 11 June 2012, 14:30 WIB
Komentar : 0
onislam.net
Halim Danidina
Halim Danidina

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES--Kabar menggembirakan datang dari California. Salah seorang Muslim California, Halim Dhanidina, secara terhormat mengisi satu kursi hakim dalam pengadilan tersebut.

Seperti dikutip onislam.net, Senin (11/6), Halim berjanji akan menjaga nama baik komunitas Muslim dalam menjalani kewajibannya. Dan ia juga mengatakan bahwa dengan terpilihnya ia sebagai salah satu hakim dari kalangan Muslim mengindikasikan bahwa kepercayaan dan identitas tidak perlu menjadi kendala bagi seorang Muslim untuk berpartisipasi dalam lembaga-lembaga sipil negara bagi California.

"Saya ingin tunjukkan kepada masyarakat luas bahwa Muslim AS dapat melayani masyarakat dalam mengejar keadilan dengan martabat dan kehormatan," kata dia.

Dhanidina diangkat  menjadi salah satu hakim  Pengadilan Tinggi California, 18 Mei lalu, oleh Gubernur Jerry Brown. Ia akan menjalani peranan barunya pada 20 Juni mendatang. Sebelum terpilih, Dhanidina menghabiskan waktu 14 tahun sebagai pengacara. Ia telah menjadi jaksa berbagai distrik.  Ia sempat pula menangani kasus kejahatan geng selama lima tahun.

"Kalau saya pikir, pekerjaan ini penuh resiko dan tekanan. Apalagi saat saya menangani kasus kejahatan geng. Saya tahu konsekuensinya begitu besar," kata pemilik gelar magister hukum dari Universitas California  Los Angeles (UCLA).

Kabar pengangkatan Dhanidina disambut antusias oleh Dewan Urusan Muslim (MPAC) yang berbasis di Los Angeles . "Pengangkatan Dhanidina merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa pemimpin California cermat dalam mencerminkan keragaman dalam masyarkat kita," kata Aziza Hasan.

Reporter : Agung Sasongko
Redaktur : Endah Hapsari
Sumber : onislam.net
Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api(HR. Tirmidzi)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Gadai SK, Jadi Cerminan Masalah RUU Pilkada?
 MAKASSAR -- Belakangan ini banyak anggota DPRD terpilih yang menggadaikan SK. Terkaiy hal tersebut pakar komunikasi politik Effendi Gazali menilai itu sebuah hal...