Sabtu, 19 Jumadil Akhir 1435 / 19 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Ditemukan, Injil yang Mengabarkan Kedatangan Nabi Muhammad

Senin, 27 Februari 2012, 15:01 WIB
Komentar : 67
dailymail.co.uk
Sebuah Injil berusia 1.500 tahun yang menceritakan kedatangan Nabi Muhammad SAW ditemukan di Turki
Sebuah Injil berusia 1.500 tahun yang menceritakan kedatangan Nabi Muhammad SAW ditemukan di Turki

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO - Sebuah Injil berusia 1.500 tahun yang menceritakan kedatangan Nabi Muhammad SAW ditemukan di Turki. Kabarnya, Gereja Vatikan telah meminta secara resmi kepada pemerintah Turki untuk melihat Injil yang tersimpan selama 12 tahun di negara tersebut.
 
Menteri Budaya dan Pariwisata Turki, Ertugul Gunay mengatakan sejalan dengan keyakinan Islam, Injil ini memperlakukan Yesus sebagai manusia bukan Tuhan. Fakta ini, sekaligus menolak ide konsep tritunggal dan penyaliban Yesus.
 
"Disebutkan injil ini, Yesus berkata kepada salah seorang pendeta, bagaimana kami memanggil mesias? Muhammad adalah nama yang diberkati," kata dia membacakan salah satu ayat dalam Injil seperti dikutip alarabiya.net, Senin (27/2).
 
Gunay menuturkan dalam injil ini juga disebutkan Yesus sendiri menyangkal menjadi Mesias. Yesus mengatakan bahwa Mesias itu adalah keturunan Ismail yakni orang Arab.
 
Sebelumnya, Umat Islam sendiri mengklai pesan kedatangan Muhammad SAW juga terdapat dalam injil Barnabas, Markus, Matius, Lukas dan Yohannas.
 
Gunay mengatakan pihak Vatikan telah meminta salinan injil tersebut saat Injil tersebut hendak diselundupkan ke luar Turki pada tahun 2000. Kini, Injil tersebut berada dalam brankas pengadilan Ankara. Nantinya, Injil tersebut akan diserahkan kepada Museum Etnografi Ankara.
 
Meski demikian, kalangan Gereja skeptis dengan keaslian Injil tersebut. Seorang pendeta Protestan Ihsan Ozbek mengatakan Injil itu berasal dari abad ke-5 atau ke-6. Sementara Barnabas, yang merupakan pemeluk pertama Kristen hidup pada abad pertama.
 
"Salinan Injil di Ankara mungkin telah ditulis ulang oleh salah seorang pengikut Barnabas," kata dia.
 
Sebab, lanjutnya, ada jeda 500 tahun antara Barnabas dan penulisan salinan Inkjil. "Umat Islam mungkin akan kecewa bahwa Injil ini tidak ada hubungannya dengan injil Barnabas," ujarnya.
 
Sementara Profesor Omer Faruk menilai Injil itu perlu ditelusuri lebih lanjut guna memastikan Injil itu dibuat oleh Barnabas atau pengikutnya.

 

Reporter : Agung Sasongko
Redaktur : Ajeng Ritzki Pitakasari
Beramallah kamu sekalian, karena beramal akan merubah sesuatu yang buruk yang telah ditentukanNya padamu(HR Bukhori-Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  jonileo18 Minggu, 3 Februari 2013, 00:33
dua injil ini memang kontrofersial, satu sisi dari paulus dan bernabas, memang muridnya bernabas ada yang ahli nujum, tetapi kedatangan muhammad bukan hasil dari nujum dia, sangat tidak ilmiah kalau menggunakan asumsi yang kita sendiri tidak mengetahuinya yang hanya berdasarkan keimanan saja,...
  suratminkasep Selasa, 4 Desember 2012, 22:49
itu membuktikan bahwa injil sekarang ayat2 nya banyak direkayasa
  hengky kerniawan Kamis, 23 Agustus 2012, 18:16
Al-Qur'an terbit jauh sebelum nabi muhammad SWT lahir,,

kalau kalian punya pikiran jernih
dari sinilah kamu kaji..

tapi masalah penentuan agama itu hak anda
  Joni Senin, 14 Mei 2012, 01:35
muridnya barnabas pandai ngeramal juga tuh, darimana dia tahu kalau bakalan ada nabi baru namanya Muhammad.. 571+40, -+5/6
  Nursalim Hekong Sabtu, 5 Mei 2012, 05:50
Kitab injil yang ditemukan itu asli atau bukan, itu tidak penting. Hubungan kedua Nabi mulia itu sudah lengkap dijelaskan dalam Al Quran dan itu sudah cukup ....