Minggu, 20 Jumadil Akhir 1435 / 20 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Pangeran Charles Nilai Islam Ajaran Terbaik dalam Menjaga Lingkungan

Jumat, 11 Juni 2010, 06:18 WIB
Komentar : 0
ap
Pangeran Charles
Pangeran Charles

REPUBLIKA.CO.ID, OXFORD--Pandangan yang menyejukkan tentang Islam dikemukakan Pangeran Charles. Saat memberikan pidato di Sheldonian Theater, Universitas Oxford, Pangeran Charles meminta masyarakat dunia mengikuti ajaran Islam dalam menjaga lingkungan.

Pidato ini disampaikannya dalam acara perayaan 25 tahun Pusat Studi Islam Universitas Oxford. Dalam kesempatan itu dia menjelaskan bahwa Alquran tidak pernah memisahkan manusia dengan alam. "Karena (ajaran Islam) juga menyatakan tidak ada pemisahan antara Tuhan dan alam semesta," kata dia seperti ditulis situs clickgreen.

Ajaran untuk menjaga lingkungan, menurut dia, juga terlihat sangat nyata dalam puisi-puisi Islam maupun karya tulis para ahli. Namun demikian, Pangeran Charles juga mengungkapkan bahwa kewajiban untuk menjaga kelestarian lingkungan tidak hanya ditujukan bagi kaum Muslim. Ajaran Kristen maupun Yahudi, kata dia, juga mengajarkan pentingnya menjaga lingkungan.

Tak hanya mengomentari isu lingkungan, dalam kesempatan itu Pangeran Charles juga menekankan pentingnya membangun dialog antara Islam dan dunia Barat. Lewat dialog itu, dia berharap sikap saling pengertian antara Islam dan Barat bisa terbangun lebih baik. Dia akan membantu terjalinnya sikap saling pengertian itu dengan membantu Muslim yang jadi minoritas di Inggris untuk mengintegrasikan diri dengan masyarakat setempat.

Redaktur : irf
Sumber : clickgreen
"Tidak masuk surga orang yang ada dalam hatinya seberat biji sawi dari kesombongan"((HR Muslim))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar
  muhapril Sabtu, 20 November 2010, 20:05
alhamdulilah, semoga pemikiran pangeran dapat meredakan ketegangan antara Islam dan Barat.
  basuki Senin, 14 Juni 2010, 23:47
Benar kawan Islam menjadi Rahmat seluruh alam, kedamaian ada disana, peradaban ada disana, dinamisnya kehidupan ada disana, gudang ilmu ada disana, modern yg hakiki ada disana, kebenaran ada disana dan..... berjuta lagi hingga engakau akan tertegun mendapatinya dan akhirnya berserah diri pada Nya, Rob semesta alam.
  gusman Jumat, 11 Juni 2010, 15:44
Bukti, bahwa kalau mereka-2 itu membaca Al Quran mereka akan mengakui kebenaran dari Al Quran tersebut masalahnya masih banyak di orang-2 yang mengaku membaca Al Quran tetapi tidak ber prilaku sebagai mana mestinya sehingga menutupi kebenaran-2 Al Quran.
  Ummu Rafid Jumat, 11 Juni 2010, 05:07
Semoga ALLAH beri hidayah, aamiin ya Rabbal "alamiin.
  rusdi Jumat, 11 Juni 2010, 03:49
yg terhormat pangeran charles, dg nama Allah yg maha rahmah dan romim, dengan ini mencampaikan ajakan kepada ada bahwasanya kebenaran telah datang pada hati anda, bersama ini berserah dirilah terhadap agama Allah yg Hak yaitu ISLAM
demikian ajakan ini smoga Allah SWT memberikan hidayah kepada anda sekeluarga dan men