Kamis, 29 Zulhijjah 1435 / 23 Oktober 2014
find us on : 
  Login |  Register

Pangeran Charles Nilai Islam Ajaran Terbaik dalam Menjaga Lingkungan

Jumat, 11 Juni 2010, 06:18 WIB
Komentar : 0
ap
Pangeran Charles
Pangeran Charles

REPUBLIKA.CO.ID, OXFORD--Pandangan yang menyejukkan tentang Islam dikemukakan Pangeran Charles. Saat memberikan pidato di Sheldonian Theater, Universitas Oxford, Pangeran Charles meminta masyarakat dunia mengikuti ajaran Islam dalam menjaga lingkungan.

Pidato ini disampaikannya dalam acara perayaan 25 tahun Pusat Studi Islam Universitas Oxford. Dalam kesempatan itu dia menjelaskan bahwa Alquran tidak pernah memisahkan manusia dengan alam. "Karena (ajaran Islam) juga menyatakan tidak ada pemisahan antara Tuhan dan alam semesta," kata dia seperti ditulis situs clickgreen.

Ajaran untuk menjaga lingkungan, menurut dia, juga terlihat sangat nyata dalam puisi-puisi Islam maupun karya tulis para ahli. Namun demikian, Pangeran Charles juga mengungkapkan bahwa kewajiban untuk menjaga kelestarian lingkungan tidak hanya ditujukan bagi kaum Muslim. Ajaran Kristen maupun Yahudi, kata dia, juga mengajarkan pentingnya menjaga lingkungan.

Tak hanya mengomentari isu lingkungan, dalam kesempatan itu Pangeran Charles juga menekankan pentingnya membangun dialog antara Islam dan dunia Barat. Lewat dialog itu, dia berharap sikap saling pengertian antara Islam dan Barat bisa terbangun lebih baik. Dia akan membantu terjalinnya sikap saling pengertian itu dengan membantu Muslim yang jadi minoritas di Inggris untuk mengintegrasikan diri dengan masyarakat setempat.

Redaktur : irf
Sumber : clickgreen
Senyummu kepada saudaramu merupakan sedekah, engkau memerintahkan yang ma’ruf dan melarang dari kemungkaran juga sedekah, engkau menunjukkan jalan kepada orang yang tersesat juga sedekah, engkau menuntun orang yang berpenglihatan kabur juga sedekah, menyingkirkan batu, duri, dan tulang dari jalan merupakan sedekah((HR Tirmidzi))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Kemarau Panjang Akibatkan Turunnya Pasokan Air Jakarta, Ini Solusinya
JAKARTA -- Musim kemarau panjang di indonesia memiliki dampak terhadap penurunan debit air baku. Kepala Divisi Komunikasi dan Pertanggung Jawaban Sosial PT PAM...