Sabtu , 01 April 2017, 18:03 WIB

Beberapa Versi Sejarah April Mop

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Karta Raharja Ucu
Republika/Prayogi
Dilarang Berbohong (Ilustrasi).
Dilarang Berbohong (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Sejarah atau asal mula April Mop atau April Fool’s Day sampai sekarang masih simpang siur. Banyak teori yang bermunculan di masyarakat mengenai lahirnya April Mop ini. Di bawah ini terangkum beberapa versi sejarah tentang lahirnya April Mop

1. Sejarah April Mop Versi Perang Salib

Sejarah April Mop versi ini begitu mengerikan. Karena berkaitan dengan pembantaian umat Islam di Andalusia oleh tentara salib yang dilakukan dengan cara menipu dan siasat jahat. Pada masa itu, tentara salib menipu tentara muslim Spanyol yang kalah perang. Mereka mengatakan, kaum muslimin tersebut akan dibebakan dan dibawa keluar dengan menggunakan kapal.

Tetapi, semua itu hanyalah kebohongan belaka. Umat Islam justru dibunuh, dan dihabisi. Peristiwa ini terjadi pada April 1491.

2. Sejarah April Mop Versi Perancis

Pada masa pemerintahan Raja Charles IX, Paus Gregory merombak penanggalan kalender yang semula hanya terdiri dari 10 bulan dalam satu tahun, hingga menjadi 12 bulan seperti penanggalan kalender Masehi sekarang.

Perayaan tahun baru yang dirayakan mulai 25 Maret hingga 1 April, dimajukan ke 1 Januari. Banyak rakyat Perancis yang menentang keputusan Paus. Sejumlah warga akhirnya menetapkan perayaan 1 April sebagai tahun barunya. Perilaku mereka ini malah ditertawakan oleh sejumlah masyarakat lainnya yang meledek mereka dengan cara memberikan lelucon palsu.

Sejak saat itulah, masyarakat Perancis terus berperilaku aneh setiap 1 April dan menjadikannya sebuah tradisin tahunan. Lalu pada 1782, tradisi itu justru ditiru oleh Inggris dan popularitasnya semakin menyebar ke seluruh dunia.

3. Sejarah April Mop Joseph Boskin

Joseph Boskin, seorang professor dari Boston Univercity mengungkapkan hal yang berbeda. Boskin mengatakan, ide April Mop digagas oleh para pelawak Kerajaan Romawi pada masa pemerintahan Raja Constantin 1 di abad ketiga sampai keempat setelah masehi. Awalnya, para pelawak kerajaan ini mengajukan petisi kepada raja untuk mengizinkan mereka menjadi raja hanya untuk sehari saja.

Siapa yang menyangka, Raja setuju dengan petisi ini dan mengangkat salah satu pelawaknya bernama Jeter untuk menjadi raja sehari pada tanggal 1 April. Usai naik tahta, Raja Peter pun meresmikan tanggal 1 April sebagai kemustahilan dan kini dikenal April Mop.

Namun, The Associated Press (AP) yang menerbitkan cerita ini, butuh beberapa pekan untuk menyadari cerita tersebut palsu dan bagian dari April Mop. Boskin mengarang cerita tersebut.