Rabu , 15 Maret 2017, 15:39 WIB

Kubah Raksasa Masjid Tooba Pakistan

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Agung Sasongko
Wikipedia.com
Masjid Tooba, Pakistan
Masjid Tooba, Pakistan

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Fungsi sebuah masjid bisa jadi bukan sekadar tempat beribadah bagi umat Islam. Acap kali, masjid juga dianggap sebagai tonggak pencapaian seni sehingga membanggakan masyarakat setempat. Salah satunya adalah Masjid Tooba yang berlokasi di Karachi, kota terpadat di Republik Islam Pakistan.

Begitu melihat masjid ini, orang dapat langsung menyebut di mana letak keistimewaannya. Kubah Masjid Tooba terbilang raksasa. Bentuknya lingkaran sempurna dengan panjang garis tengah 72 meter.

Bentuk bangunan Masjid Tooba lingkaran sempurna sehingga ujung temboknya menopang kubah raksasa. Tinggi tembok bangunan masjid ini kira-kira sama dengan tinggi kubah raksasa di atasnya. Dengan demikian, di dalam masjid tidak ada pilar-pilar penopang.

Kubah ini begitu besarnya sampai-sampai menutupi keseluruhan bagian atas Masjid Tooba. Dari kejauhan, masjid ini agak mirip sebuah stadion sepak bola.

Hal unik lainnya lantaran besarnya ukuran kubah Masjid Tooba, yakni berkaitan dengan akustik. Suara orang di ujung kubah akan memantul ke langit-langit sehingga terdengar oleh orang di ujung lain kubah tersebut.

Masjid Tooba terletak di Jalan Old Korangi, Kota Karachi. Hanya sekitar 200 meter dari stasiun Karachi. Warga lokal menyebut masjid ini sebagai Masjid Gol lantaran bentuknya yang bundar (bahasa Urdu untuk 'bundar' adalah Kul).

Masjid Tooba diklaim sebagai masjid dengan kubah tunggal terbesar di dunia. Keseluruhan Masjid Tooba berwarna putih cerah. Bila diterpa sinar matahari, kubah masjid ini tampak berkilauan dari luar.

Adapun dinding dan lantai Masjid Tooba dilapisi batu marmer yang juga berwarna putih. Karena itu, nuansa elegan, tetapi minimalis begitu kentara mendominasi tampilan keseluruhan Masjid Tooba.

Selain kubah, struktur yang ikut mempercantik masjid ini adalah menara setinggi 70 meter yang terletak di sisi barat. Adapun di bagian timur atau sebelum memasuki gerbang masuk masjid ini, terdapat kolam berwarna biru.

Di kolam ini, ada dua air mancur dengan wadah yang berbentuk lingkaran. Pada kanan dan kiri kolam sepanjang 100 meter ini, terdapat bangunan beratap unik.

Sekilas, atap berbentuk tanduk atau gelombang ini mirip struktur rangkaian bagonjong pada rumah khas Minangkabau, Sumatra Barat. Desain Masjid Tooba mengedepankan kesan sederhana, tetapi modern.