Senin 16 Jun 2014 16:29 WIB
hikmah

Sambut Ramadhan

Red:

oleh:Imam Nursuharno -- Beberapa hari ke depan, Ramadhan akan kembali menyapa kita. Selayaknya, kaum Muslimin menyambutnya dengan penuh sukacita. Menyambut Ramadhan itu termasuk salah satu bentuk pengagungan syiar-syiar Allah SWT. "Demikianlah (perintah Allah). Dan barang siapa mengagungkan syiar-syiar Allah maka sesungguhnya itu timbul dari ketakwaan hati." (QS al-Haj [22]: 32). Ada banyak alasan kaum Muslimin mesti bersukacita menyambut Ramadhan.

Pertama, Ramadhan adalah bulan dilipatgandakannya pahala. Rasulullah bersabda, "Semua amalan anak Adam akan dilipatgandakan (balasannya), satu kebaikan dibalas dengan 10 sampai 700 kali lipat." Allah berfirman, "Kecuali puasa, sesungguhnya ia untuk-Ku dan Aku yang akan langsung membalasnya. Hamba-Ku telah meninggalkan syahwat dan makanannya karena Aku." (HR Muslim).

Kedua, disiapkan Surga Arrayyan bagi yang berpuasa. Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya di surga ada sebuah pintu yang disebut Arrayyan yang pada hari kiamat nanti hanya akan dimasuki orang-orang yang terbiasa berpuasa. Tidak satu pun selain mereka yang memasukinya. Jika mereka (orang-orang yang terbiasa berpuasa) telah masukinya, pintu itu akan ditutup. Sedangkan, siapa saja yang telah masuk melaluinya, ia pasti minum. Barangsiapa yang minum, ia pasti tidak akan merasakan haus selamanya." (HR Bukhari, Muslim, Nasa’i, dan Tirmidzi).

Ketiga, selama Ramadhan pintu surga dibuka lebar-lebar, pintu neraka ditutup rapat-rapat, dan setan dibelenggu sehingga orang yang berpuasa dapat leluasa berburu kebajikan di dalamnya.

Rasulullah bersabda, "Telah tiba kepada kalian bulan penuh berkah. Allah mewajibkan kalian berpuasa di bulan ini. Pada bulan itu, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. Pada bulan itu, ada satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Siapa yang terhalangi untuk mendapatkan kebaikannya, sungguh ia telah dihalangi (benar-benar tidak akan mendapatkannya)." (HR Nasa’i).

Keempat, doa orang berpuasa mudah dikabulkan. Rasulullah bersabda, "Tiga macam doa yang pasti dikabulkan, yakni doa orang yang berpuasa, doa orang yang dizalimi, dan doa musafir."  Kelima, diampuninya dosa orang yang berpuasa. Nabi bersabda, "Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah, niscaya Dia mengampuni dosanya yang telah lalu." (HR Bukhari Muslim).

Keenam, pada Ramadhan terdapat malam Lailatul Qadar, yaitu suatu malam yang nilainya lebih baik daripada seribu bulan. (QS al-Qadr [97]: 1-3). Semoga, kita termasuk orang-orang yang diberi kesempatan bertemu Ramadhan. Amin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement