Kamis, 17 Jumadil Akhir 1435 / 17 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Ketepatan Waktu dalam Islam Itu Penting

Sabtu, 28 Juli 2012, 22:23 WIB
Komentar : 1
my.opera.com
Waktu fajar (ilustrasi).
Waktu fajar (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ketepatan waktu dalam Islam itu penting. Contohnya penetapan awal Ramadhan. Hal itu disampaikan Ustaz Yusuf Erick kepada ROL, Sabtu (28/7).

Ustad Yusuf menjelaskan, ketika memutuskan waktu awal Ramadhan, umat Islam mencari ketepatan waktu kapan hari itu tiba. Bermacam metodenya, mulai dari hilal, rukyat atau menggunakan teknologi astronomi terkini.

"Tidak masalah berbeda metodenya tapi intinya mencari ketepatan waktu," kata dia, saat memberi tausyiah disela acara Ramadhan On The Road, Sabtu (28/7).

Menurut Kang Erick, begitu ia biasa disapa, seandainya saja tidak menepati waktu, semisal waktu berbuka diundur maka seluruh umat Islam akan komplain. Contoh lain, ketika masuk azan shalat maka harus disegerakan melaksanakan shalat. Jangan menunda hingga pertengahan atau akhir waktu shalat.

"Rally Race saja, yang bakal kita gelar malam ini, akan diketahui pemenangnya dengan mengacu pada yang paling cepat mencapai waktu yang ditetapkan, bagaimana dengan shalat," kata dia.

Reporter : Agung Laksono
Redaktur : Karta Raharja Ucu
Hadis riwayat Abu Musa ra., ia berkata: Aku pernah bertanya: Wahai Rasulullah, Islam manakah yang paling utama? Rasulullah saw. bersabda: Orang yang kaum muslimin selamat dari lisan dan tangannya. (HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar