Kamis 28 Sep 2017 19:07 WIB

Karya Mahasiswa Politeknik Jadi Maskot Pilkada Kota Sukabumi

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Gita Amanda
Pilkada (ilustrasi)
Foto: Antara/Embong Salampessy
Pilkada (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Sukabumi sudah memasuki pemilihan maskot. Di mana, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi memilih Kang Balkot sebagai maskot Pilkada Sukabumi yang rencananya akan digelar pada Juni 2018 mendatang.

Dari berbagai pertimbangan akhirnya terpilih maskot Kang Balkot, terang Ketua KPU Kota Sukabumi Hamzah kepada wartawan, Kamis (28/9). Maskot Kang Balkot ini terang dia merupakan karya mahasiswa Politeknik Sukabumi.
 
Menurut Hamzah, sebelumnya ada dua calon maskot lainnya yang menjadi pilihan KPU. Dua maskot tersebut yakni Si Bumi karya Djoko Susilo dari Kendal, Jawa Tengah dan maskot Prabu Ara yang merupakan karya Mamat dari Kota Sukabumi.
 
Diterangkan Hamzah, KPU akhirnya memilih Kang Balkot karena didasarkan pertimbangan dewan juri. Penilaian ini lanjut dia terutama menunjukkan makna kearifan lokal pada maskot. Hal ini kata dia berada pada maskot Kang Balkot.
 
Setelah terpilih oleh para juri  kata Hamzah, maka hasil karya mahasiswa Politeknik ini akan menjadi maskot resmi pilkada Sukabumi. Maskot Kang Balkot sendiri dibuat oleh Nurhadi Suherman.
 
Menurut Hamzah, proses penetapan maskot ini diawali dengan pengumuman lomba maskot dan mars pilkada Sukabumi beberapa waktu lalu. Hasilnya lanjut dia ada sebanyak 19 orang peserta yang mendaftar lomba maskot dan mars pilkada. "Proses pengumuman lomba hingga penjurian dan penetapan sekitar satu bulan," ujar dia.
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement