Saturday, 8 Muharram 1436 / 01 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Kisah Inspiratif Para Ahli Sedekah

Tuesday, 25 September 2012, 09:17 WIB
Komentar : 0
ppashop.com
Sampul depan buku Donat Kehidupan.
Sampul depan buku Donat Kehidupan.

REPUBLIKA.CO.ID, Sudah sering kita dengar tentang keutamaan sedekah. Baik yang ditegaskan oleh Allah SWT melalui ayat-ayat suci Alquran maupun penuturan Rasulullah SAW yang terhimpun dalam sunah Rasul. Bagi orang-orang beriman, berbagai ayat Alquran dan hadis tentang keutamaan sedekah, niscaya akan membuat mereka bertambah imannya.

Sebab, mereka yakin Allah pasti benar dan tak pernah mengingkari janji-Nya, dan Rasulullah pun senantiasa dibimbing-Nya di setiap perkataannya. Seperti dikemukakan Alquran, “Dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al-Quran) menurut kemauan hawa nafsunya.”

Penghayatan makna itu semakin berbekas dengan kisah nyata pengalaman para ahli sedekah. Pengalaman mereka yang memperoleh berbagai pertolongan dari Allah berkat sedekah, makin meresap ke dalam hati. Buku yang berjudul “Donat Kehidupan”ini, memuat kisah-kisah tersebut.

Bermacam-macam sedekah yang mereka lakukan. Misalnya, menyedekahkan rumah, mengikhlaskan (menyatakan lunas utang seseorang), menjadi kasir Allah (selalu bersedia membantu orang yang membutuhkan), memberikan ponsel kepada staf atau karyawan, memberikan hadiah komputer untuk masjid, mentraktir anak-anak yatim atau dhuafa makan di restoran, sampai mengumpulkan uang angin untuk sedekah seperti yang dilakukan seorang tukang tambal ban dan reparasi sepeda.

Balasan yang diberikan Allah atas sedekah itu luar biasa. Bukan hanya dari segi wujud fisik barang tersebut, melainkan juga dari segi waktu yang sifatnya sangat cepat bahkan seketika. Misalnya, memperoleh sebuah laptop yang sangat bermanfaat, mendapatkan hadiah Blackberry, bisa membeli rumah seharga ratusan juta rupiah dengan biaya yang sangat ringan, selamat dari musibah kecelakaan lalu lintas, bahkan penyakit diabetesnya pun sembuh.

Berbagai kisah nyata yang ditulis oleh penulis yang juga pelaku sedekah dan Ketua Yayasan Darul Quran Nusantara ini sangat menginspirasi. Penulis bahkan juga mengutip pernyataan tokoh-tokoh dari Barat dan non-Muslim yang me nyatakan keutamaan memberi (dalam bahasa agama Islam disebut berzakat dan bersedekah).

“Semakin kita rela dan banyak bersedekah, semakin banyak pula yang kita dapatkan. Lihatlah, selalu saja orang-orang paling dermawan di dunia, juga adalah yang paling kaya di dunia.” Karena itu, buku ini sangat layak dibaca oleh setiap Muslim.

Judul        : Donat Kehidupan
Penulis    : Anwar Sani
Penerbit  : Daqu Publishing
Cetakan  : I, 2012
Tebal        : 158 hlm


Reporter : Irwan Kelana
Redaktur : Chairul Akhmad
Salah satu di antara kalian tidak beriman sebelum ia mencintai saudaranya (atau beliau bersabda: tetangganya) seperti mencintai diri sendiri. (HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ini Pembahasan Presiden Rwanda dan Ketua DPD RI
JAKARTA --  Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman kedatangan Presiden Rwanda, Paul Kagame di Komplek Parlemen Senayan, Jumat (31/10). Ada beberapa hal...