Thursday, 26 Safar 1436 / 18 December 2014
find us on : 
  Login |  Register

Meraih Kesempurnaan Shalat

Monday, 16 July 2012, 06:36 WIB
Komentar : 3
Republika/Agung Supri
Shalat berjamaah (ilustrasi).
Shalat berjamaah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Allah SWT menegaskan dalam Alquran, “Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar keutamaannya (dari ibadah-ibadah yang lain) dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al-Ankabut [29]: 45).

Dalam sebuah hadis, Rasulullah mengemukakan, “Bahwa pada hari kiamat nanti ketika manusia dibangkitkan dari kuburnya, maka yang akan diperiksa pertama kali adalah shalatnya, jika shalatnya baik maka baiklah seluruh amalnya, dan jika shalatnya buruk, maka buruklah seluruh amalnya.” (HR Thabrani).

Ayat Alquran di atas— atau ayat-ayat lain tentang keutamaan shalat—dan hadis Rasulullah SAW di atas—dan hadis-hadis lain tentang keutamaan shalat—menegaskan bahwa shalat dalam Islam menempati posisi penting dan strategis.

Islam sangat memuliakan shalat dan menempatkannya di tempat tertinggi karena shalat merupakan rukun Islam yang paling penting setelah mengucap dua kalimat syahadat.

Shalat adalah bentuk hubungan yang erat antara hamba dan Tuhannya. Dalam mengerjakan shalat, seorang Muslim harus melakukannya dengan khusyuk (disertai ketenangan batin).

Shalat wajib dikerjakan dengan cara yang benar sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Hal itu ditegaskan oleh Rasulullah, “Shalatlah kalian sebagaimana kalian melihat aku shalat.”

Untuk bisa melaksanakan shalat secara sempurna, setiap Muslim perlu mempelajari tata cara shalat—baik niat, bacaan, maupun gerakan— sesuai yang diajarkan Rasulullah. Buku yang ditulis oleh Ustaz Abdul Kadir Nuhuyanan ini menguraikan panduan shalat yang lengkap dan praktis sesuai petunjuk Rasulullah SAW.

Ditulis secara ringkas tetapi padat, sistematis, disertai ilustrasi gambar, catatan atau keterangan khusus, serta transliterasi Latin di tiap-tiap ayat Alquran dan hadis, membuat buku ini sangat bermanfaat bagi kaum Muslimin untuk meraih kesempurnaan shalat.

Sesuai judulnya, buku ini menyajikan secara lengkap dan praktis panduan shalat. Dimulai dengan memahami arti shalat dan keutamaannya, lalu penjelasan tentang kewajiban shalat menurut Alquran dan hadis, kemudian ketentuan shalat dan persiapan sebelum shalat.

Judul             : Panduan Shalat Lengkap & Praktis Sesuai Petunjuk Rasulullah
Penulis         : Ustaz Abdul Kadir Nuhuyanan
Penerbit      : Akbar Media
Cetakan       : I Juni 2012
Tebal             : xii+164 halaman



Reporter : Irwan Kelana
Redaktur : Chairul Akhmad
Menguap adalah dari setan. Karena itu, apabila salah seorang dari kalian menguap, tutuplah serapat mungkin karena ketika salah seorang dari kalian berkata ‘huah’ (pada saat menguap), setan akan menertawakannya". (HR Bukhari)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Ini Tanggapan Din Syamsudin Terkait Kasus Sydney
JAKARTA -- Ketua Majelis Ulama Indonesia, Din Syamsudin menilai peristiwa penyanderaan di Sydney meningkatkan sinisme terhadap Islam. Peristiwa tersebut membuat dunia barat semakin...