Rabu, 24 Syawwal 1435 / 20 Agustus 2014
find us on : 
  Login |  Register

Keutamaan 66 Sahabat Nabi

Rabu, 07 Maret 2012, 13:12 WIB
Komentar : 0
Wordpress.com
Ilustrasi
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Para sahabat Nabi SAW adalah suri teladan yang telah mencerminkan segala akhlak dan cita-cita luhur Nabi SAW.

Mereka telah memberikan teladan terbaik bagi kita dengan akhlak mereka yang mulia dan perilaku yang luhur, sebagaimana yang telah dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Mereka senantiasa memerhatikan semua perbuatan Nabi SAW. Mereka lantas mengikutinya sesuai kadar kemampuan yang mereka miliki sebagai manusia biasa.

Allah SWT telah mengaruniai mereka kemampuan yang sangat luas, sehingga mereka dapat menjadi suri teladan bagi orang-orang yang ingin mengingat Allah SWT dan takut kepada-Nya.

Para sahabat yang selalu menemani dan menyertai Rasulullah SAW telah mendapatkan perhatian yang sangat khusus dari beliau. Mereka diajari etika Islam, dididik seluruh cabang iman, dipersiapkan untuk mengemban dakwah sepeninggal beliau, dan didoakan agar senantiasa mendapatkan kebaikan. Kemudian setelah itu, beliau wafat dalam keadaan ridha terhadap mereka, dan berpesan kepada selanjutnya, agar senantiasa mengikuti jejak mereka.

Oleh karena itu, sangat penting membaca, merenungkan, dan mengambil pelajaran yang terkandung dalam kehidupan para sahabat Rasulullah SAW tersebut. Buku ini memuat keutamaan-keutamaan 66 sahabat Rasulullah SAW. Jilid pertama mencakup empat khulafaur rasyidin (Abu Bakar, Umar bin Khathab, Utsman bin Affan, dan Ali bin Abi Thalib), Zaid bin Haritsah, Usamah bin Zaid, Abdurrahman bin Auf, Ammar bin Yasir Sa’ad bin Muadz, Abdullah bin Mas’ud, Abu Dzar Al-Ghiffari, hingga Saman Al-Farisi.

Jilid kedua juga memuat 33 sahabat, mulai  dari Hamzah bin Abdul Muthalib “Sang Penghulu Syuhada", Abdullah bin Umar, Anas bin Malik, Abu Darda’, Muadz bin Jabal, Hudzaifah ibnu Yaman, Khalid bin Walid, Hasan bin Ali,  hingga Husein bin Ali ‘Sang Pemimpin Para Pemuda di Surga’.

Ada  begitu banyak sisi kehidupan para sahabat tersebut. Namun penulis berusaha membatasi pada sisi-sisi yang sangat dibutuhkan dan penting saja, tidak secara rinci. Hal itu untuk menghindari rasa jemu dan bosan.

Membaca kisah hidup dan perjuangan para sahabat Rasulullah SAW sangat berguna, dan merupakan salah satu jalan untuk mendapatkan petunjuk (hidayah) Allah SWT. Seperti ditegaskan oleh Rasulullah SAW, “Para sahabatku laksana bintang gemintang. Siapa pun dari mereka yang kalian ikuti, niscaya kalian akan mendapatkan hidayah.”


Judul buku     : Mengagumkan 66 Orang yang Dicintai Rasul Jilid 1 dan 2
Penulis           : Prof Dr Muhammad Bakar Isma’il
Penerbit        : Al-Qalam
Cetakan         : I, 2011

Reporter : Irwan Kelana
Redaktur : Chairul Akhmad
Rasulullah SAW bersabda:"Tidak akan masuk neraka orang yang shalat sebelum terbitnya matahari dan sebelum terbenamnya, yakni shalat subuh dan ashar."( HR Muslim)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar