Kamis, 24 Jumadil Akhir 1435 / 24 April 2014
find us on : 
  Login |  Register

Ayo Sempurnakan Wudhu

Selasa, 28 Februari 2012, 13:40 WIB
Komentar : 1
Blogger-index
Buku Sehat dengan Wudhu
Buku Sehat dengan Wudhu

REPUBLIKA.CO.ID, Terkait dengan ibadah shalat maupun membaca Alquran, ada satu hal yang sangat penting dilakukan oleh kaum Muslimin, yakni wudhu.

Namun sayangnya, kalau kita perhatikan, masih banyak orang Islam yang asal-asalan dalam berwudhu. Boleh jadi, bahkan banyak yang tidak sempurna wudhunya. Misalnya membasuh  tagan tidak sampai ke siku, atau membasuh  kaki tapi air tidak masuk ke dalam jari-jari kaki. Padahal, kesempurnaan wudhu merupakan syarat sahnya shalat.

Nah, agar wudhu tersebut sempurna, harus sesuai dengan ajaran Alquran dan Sunnah Rasulullah SAW. Bila wudhu tersebut dikerjakan dengan sempurna, tidak hanya pahala dan sahnya shalat yang didapat, tetapi banyak hikmah kesehatan yang bisa diperoleh.

Buku ini mengupas rahasia di balik ibadah wudhu. Penulis mengutip berbagai hasil penelitian di Barat dan Timur, penulis memaparkan bahwa wudhu mempunyai banyak sekali khasiat terhadap kesehatan seseorang. Baik mencegah datangnya penyakit maupun mengobati penyakit.

Misalnya, wudhu bisa mengembalikan tubuh yang lemah menjadi kuat, mengurangi kekejangan saraf-saraf, dan otot akan menjadi lebih rileks. Selain itu, mengurangi detak jantung dan nyeri-nyeri otot, serta menghilangkan kecemasan, dan insomnia.

Berkumur-kumur saat wudhu membersihkan kuman-kuman yang ada dalam rongga mulut, sekaligus menyegarkan berbagai organ yang ada di wajah. Wudhu juga bisa mencegah kanker kulit.  Wudhu juga berkhasiat menghilangkan berbagai penyakit, seperti kanker, flu, pilek, asam urat, rematik, sakit kepala, telinga, pegal, linu, mata, sakit gigi dan sebagainya.

Pendek kata, tegas penulis, wudhu adalah ibadah yang ringan, namun khasiatnya luar biasa. Karena itu, ayo sempurnakan wudhu kita. Buku tipis halamannya namun tebal manfaatnya itu perlu dibaca oleh semua kalangan umat Islam.

Judul buku    : Sehat dengan Wudhu
Penulis          : Syahruddin El-Fikri
Penerbit       : Al-Mawardi Prima
Cetakan        : I, Mei 2011
Tebal             : 124 hlm


Reporter : Irwan Kelana
Redaktur : Chairul Akhmad
Dan dirikanlah shalat dan tunaikan zakat. Dan apa-apa yang kamu usahakan dari kebaikan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan. (QS.Al-Baqarah [2]:110)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar