Sunday, 1 Safar 1436 / 23 November 2014
find us on : 
  Login |  Register

Mendorong Anak Mencintai Alquran

Friday, 27 January 2012, 17:24 WIB
Komentar : 1
kadoislami.com
My First Al-Qur'an
My First Al-Qur'an

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak cara mendorong anak gemar membaca dan mencintai Alquran. Salah satunya, seperti yang dilakukan Penerbit Sygma Publishing yang menerbitkan "My First Al-Qur'an", Alquran pertama buat si kecil.

Berbeda dengan kebanyakan Alquran yang hanya merangkum ayat-ayat suci Alquran lengkap 30 juz bersama terjemahnya, Alquran buat si kecil yang diberi nama My First Al-Qur'an ini menyuguhkan beragam informasi yang sangat layak diketahui anak-anak. Mulai dari jejak rasul, materi doa, materi tokoh-tokoh Islam, materi tempat bersejarah lengkap dengan petanya, kamus dalam tiga bahasa: Arab, Ingris dan Indonesia serta materi tambahan berupa 'Sekarang Aku Tahu'.

Sesuai dengan sasaran buku yang terdiri dari empat jilid yang diperuntukkan bagi anak-anak, bahasa yang digunakan adalah bahasa yang sangat sederhana dan mudah dicerna dan difahami. Tak hanya itu, berbagai informasi yang menarik tersebut dilengkapi dengan gambar-gambar berwarna yang sangat menarik.

Penggunaan kertas pun dipilih yang sangat lux dengan kualitas terbaik. ''Syamil Al-Qur'an for Kids kali ini menghadirkan "My First Al-Qur'an" yang akan membantu putra-putri Anda begitu dekat dengan Alquran. Ini memang upaya kami untuk mendorong putra-putri Anda mencintai Alquran sejak dini,'' ujar Marketing Executive PT Sygma Publishing, Harry.

Selain bisa membaca Alquran dan belajar ilmu Tajwid dengan baik, My First Al-Qur'an juga mengajak anak-anak Muslim untuk menghapal doa, mengetahui tokoh-tokoh Islam dan tempat-tempat bersejarah, serta belajar bahasa.

Selain seru, tentu My First Al-Qur'an sangat menyenangkan, karena dilengkapi dengan gambar-gambar lucu dan menarik. Diharapkan My First Al-Qur'an ini akan menjadi jembatan interaksi buah hati kita dengan Alquran, serta menjadikan Alquran sebagai sahabat dalam kehidupannya.

Setiap halamannya, selain berisi 'Terjemah', 'Bahasa',  'Jejak Rasul', 'Tokoh Islam' dan 'Peta', juga dilengkapi informasi 'Sekarang Aku Tahu'. Misalnya, seperti yang tertulis di halaman 2 dengan gambar menarik dan berwarna, seorang ustadz tengah mengajar para muridnya membaca huruf Hijaiyah.

Dalam informasi bertajuk 'Sekarang Aku Tahu; tertulis Surat Al-Fatihah adalah surat yang paling utama. Rasulullah saw sendiri menyebutnya sebagai surat yang paling agung. Surah yang pendek ini, mencakup akidah, syariah atau ibadah dan akhlak. Surah Al-Fatihah selalu dibaca dalam shalat, baik shalat fardhu mau pun sunah. Selain sebagai Ummul Qur'an,  Al-Fatihah berarti surah pembukaan. Surat ini bukan yang pertama diturunkan, namun surat ini menjadi pembuka Alquran. Al-Fatihah terdiri dari tujuh ayat dan diturunkan di Makkah.

Judul buku              :  My First Al Qur'an
Penulis                     : Indra Laksana, Muchaeroni, Syamsu Ar-Ramly, Usman Syamily
Penerbit                  : PT Sugma Publishing
Cetakan Pertama : 2010, 4 Jilid





Reporter : Damanhuri Zuhri
Redaktur : Chairul Akhmad
Allah melaknat orang yang menyiksa hewan dan memperlakukannya dengan sadis((HR. Bukhari))
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Menanti Janji Jokowi Soal Perdamaian Palestina
 JAKARTA -- Sekretaris Komisi Pengkajian dan Penelitian Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis mengatakan umat muslim di Indonesia bisa ikut mendesak pemerintah agar lebih...