Pertemuan DPR-Presiden Italia Bahas Tiga Agenda

Senin , 09 Nov 2015, 21:39 WIB
Ketua DPR RI, Setya Novanto, menerima kunjungan Presiden Italia, Sergio Mattarella, di Gedung Nusantara III, Jakarta, Senin (9/11).
Foto: istimewa
Ketua DPR RI, Setya Novanto, menerima kunjungan Presiden Italia, Sergio Mattarella, di Gedung Nusantara III, Jakarta, Senin (9/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertemuan selama kurang lebih 25 menit antara Pimpinan DPR RI dengan Presiden Italia membahas soal dukungan DPR ke pemerintah Indonesia. Ketua DPR RI, Setya Novanto mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi pembahasan antara DPR dan Presiden Sergio Mattarella.

“Pertama soal kerjasama bilateral, berkaitan masalah pemerintah Indonesia dan Italia yang mencapai 3,8 miliar Dolar AS sekarang ditingkatkan menjadi 4 miliar Dolar AS,” kata Novanto usai menemui Sergio Mattarella di kompleks parlemen Senayan, Jakarta, Senin (9/11).

Menurut Novanto, selain soal kerjasama ekonomi, pembahasan juga mengarah pada peluang kerjasama di bidang lainnya. Misalnya di sektor pariwisata.

DPR sangat mendukung kerjasama pemerintah Indonesia dengan pemerintah negara lain sepanjang kerjasama itu untuk memberikan kontribusi yang besar pada masyarakat Indonesia.

“Pemerintah Italia mengapresiasi DPR dengan programnya yang memberikan kontribusi besar sehingga suasananya semakin baik,” kata dia.

Masalah ketiga yang dibahas dalam pertemuan tertutup dengan Presiden Italia adalah kerjasama antar parlemen. Parlemen Indonesia dan Italia akan melanjutkan kerjasamanya. Masing-masing parlemen akan saling berkunjung untuk mempererat hubungan antar parlemen dua negara ini.