Ketua DPR Apresiasi Penangkapan Terduga Teroris di UNRI

Pelajar di seluruh Indonesia harus mengedepankan sikap kritis terhadap berbagai ajara

Ahad , 03 Jun 2018, 15:15 WIB
Ketua DPR RI - Bambang Soesatyo
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Ketua DPR RI - Bambang Soesatyo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi penangkapan tiga terduga teroris yang dilakukan oleh tim Detasemen Khusus (Densus) 88 di Gelanggang Mahasiswa Fisip, Universitas Riau (UNRI), Sabtu (2/6) kemarin. Penangkapan tersebut menurutnya menjadi salah satu bukti keseriusan negara dalam memberantas segala bentuk terorisme.

"Ditangkapnya terduga teroris di lingkungan kampus merupakan tamparan keras bagi sistem pendidikan Indonesia," kata Bamsoet dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Ahad (3/6).

Baca juga, Densus 88 Geledah Universitas Riau, Sejumlah Tas Disita

Menurutnya, kampus seharusnya menjadi sarang intelektual, bukan justru menjadi sarang teroris yang mengancam keselamatan, keamanan, serta persatuan dan kesatuan. Ia menambahkan, penangkapan tersebut sekaligus memperkuat penelitian Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang menunjukan tingginya paparan radikalisme di kalangan mahasiswa dan sejumlah kampus.

"Berdasarkan penelitian salah satu lembaga riset terhadap 1.800 responden di 25 universitas di Indonesia pada Oktober 2017, disebutkan 23,5 persen responden menyetujui gerakan Negara Islam Irak dan Suriah. Selain itu, sebanyak 23,4 persen menyetujui kesiapan untuk berjihad mendirikan khilafah," papar Bamsoet.

Baca juga, Polri: Tiga Tersangka Teroris di Unri Berperan Rakit Bom

Ia meyakini aparat hukum bisa segera memprosesnya para terduga teroris tersebut, terutama dalam menelisik lebih jauh keterkaitan mereka dengan organisasi teroris lainnya. Ia pun berpesan kepada para pelajar di seluruh Indonesia untuk membuka wawasan secara cermat dan tepat. Serta mengedepankan sikap kritis terhadap berbagai pemikiran dan ajaran baru yang masuk.

Baca juga, Polri Klaim Penggerebakan di Universitas Riau Sesuai SOP

"Jangan mau disusupi oleh orang-orang tak bertanggungjawab yang hanya ingin memperalat untuk kepentingan sesaat mereka," pesannya.

Selain itu, Ia pun mengajak semua pihak menjaga keamanan lingkungan di DPR dengan kesadaran yang tinggi.