Komisi I DPR Dorong Modernisasi Alutsista TNI

Jumat , 06 Oct 2017, 09:30 WIB
Peringatan HUT TNI ke-72. Warga menunmpang kendaraa tempur saat defile alutsista TNI pada Upacara Peringatan HUT TNI ke-72 di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, Kamis (5/10)
Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Peringatan HUT TNI ke-72. Warga menunmpang kendaraa tempur saat defile alutsista TNI pada Upacara Peringatan HUT TNI ke-72 di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, Kamis (5/10)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Syaiful Bahri Ansori menuturkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Ke-72 sebagai momentum untuk memberikan dukungan terhadap kualitas alutsista yang lebih modern. Sehingga, TNI menjadi institusi yang disegani di dunia.

Syaiful juga menyampaikan, diusia yang ke-72 tahun sudah cukup matang dalam hal pertahanan negara, tentu TNI akan lebih kuat, modern dan profesional. Menurutnya, pascareformasi 1998, TNI telah berubah total, dari institusi yang oleh UU pada zaman orde baru diperbolehkan terlibat dalan ranah politik, kemudian setelah reformasi, diharuskan kembali kepada jati dirinya.

 

"Yaitu menjadi institusi yang khusus dengan fungsi ketahanan negara, ialah menjaga kedaulatan bangsa dari intervensi maupun rongrongan negara asing," kata Syaiful, Jakarta, Jumat (6/10).

 

Oleh karena itu, Syaiful berharap, dengan momentum peringatan ulang tahun TNI yang ke-72 kali ini. Maka dari itu, kata Syaiful, TNI dapat terus meningkatkan profesionalitasnya dan terus meningkatkan kemampuan prajuritnya. "Sambil terus meningkatkan kualitas alutsistanya, sehingga TNI menjadi Institusi yang kuat modern dan profesional," ungkap Syaiful.

 

Dengan begitu TNI akan menjadi institusi yang disegani di kawasan Asia Tenggara maupun di dunia. Untuk menuju ke arah tersebut, ia akan menyuarakan dan memperjuangkan agar TNI tumbuh menjadi istitusi yang profesional, didukung oleh kemampuan prajurit yang mumpuni dan ditopang oleh kualitas alutsistanya yang andal.

 

"Insya Allah, sebagai Anggota Komisi 1, saya akan terus mendorong ke arah itu, baik dari sisi regulasi maupun dari dukungan anggaranya. Sekali lagi, saya mengucapkan selamat hari ulang tahun, Dirgahayu TNI yang ke-72," tutur politikus PKB itu.