Anggota DPR: Nelayan dan Petani Harus Diperhatikan

Senin , 07 Aug 2017, 08:38 WIB
 Nelayan memilah-milah ikan asin saat dijemur di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (1/8).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Nelayan memilah-milah ikan asin saat dijemur di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa (1/8).

REPUBLIKA.CO.ID, GOWA -- Anggota DPR RI asal Partai Amanat Nasional dari Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan, Indira Chunda Thita Syahrul melakukan kunjungan reses dengan menyerap aspirasi para Petani di Desa Mandalle, Kecamatan Bajeng Barat, Kabupaten Gowa, Sulsel, Sabtu (5/8). Thita menuturkan nelayan dan petani harus mendapat perhatian dari pemerintah.

Kunjungan tersebut sekaligus menyaksikan secara langsung panen raya bersama petani di kabupaten setempat. Selain itu, Putri Sulung Gubernur Sulsel ini juga menyerahkan bantuan mesin pemotong padi, Combain merk Yanmar AW70V kepada kelompok tani.

Thita menuturkan bahwa tidak ada sekat antara anggota DPR dengan rakyatnya, karena rakyatlah dirinya bisa duduk di parlemen sebagai keterwakilan rakyat utamanya daerah Gowa dan sekitarnya. "Petani dan nelayan adalah harga mati yang harus mendapatkan perhatian pemerintah. Mudah-mudahan kebutuhan petani tidak kekurangan melihat hasil panen tahun ini melimpah," kata Thita di hadapan petani.

Komunikasi dengan para petani dan nelayan, kata dia, tidak akan lepas dari keterwakilannya di senayan, meski demikian kebutuhan petani utamanya pupuk, serta alsintas termasuk kebutuhan lainnya harus terpenuhi agar kebutuhan pangan masyarakat tersedia.

Kendati diakui cukup berat memperjuangkan dengan menyakinkan kementerian terkait guna menyediakan bantuan kelengkapan kebutuhan petani sebagai ujung tombak ketahanan pangan, lanjut politisi perempuan ini, sudah menjadi kewajiban anggota dewan memperjuangkan itu.

"Saya tidak ingin kebutuhan petani bersoal, karena merekalah ini orang-orang berjasa dalam menjaga ketersediaan ketahanan pangan kita," kata dia.

Selain menyerap asirasi petani sekaligus menyerahkan mesin pemotong padi yang bisa langsung digunakan petani, dia juga sebelumnya menyerahkan bantuan semen kepada dua masjid di Kelurahan Tompobalang, Kecamatan Somba Opu.  Semen diberikan kepada Masjid Nur Al Ikhlas Haria dan Masjid Al Ma'arif. Bahkan Thita juga menyerahkan bantuan pupuk untuk kelompok tani di Desa Biringala, Kecamatan Barombong. Kabupaten Gowa, Sulsel.

Sumber : antara