'Semua Orang Bisa Jadi Mentor Pancasila'

Rabu , 19 Jul 2017, 06:38 WIB
Pancasila
Pancasila

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Anggota DPR RI Rudianto Tjen menilai semua orang dapat berperan menjadi mentor untuk mengajarkan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat. Rudianto Tjen mengatakan nilai-nilai Pancasila perlu diajarkan atau dibumikan kembali melalui kegiatan-kegiatan sosialisasi yang berkelanjutan agar masyarakat mampu mengamalkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Pancasila perlu diajarkan kembali agar dapat diyakini kebenarannya, dipahami dan diamalkan oleh masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.

Menurut dia, penguatan nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa perlu dilakukan, karena tantangan kebangsaan kedepan yang dihadapi Indonesia semakin besar. Penguatan nilai Pancasila, kata dia, dapat membentengi negara dari pengaruh negatif proses globalisasi maupun kapitalisme yang dapat mempengaruhi pengelolaan sumber daya alam yang menjadi kekayaan bangsa.

Ia mengatakan Pancasila merupakan landasan ideologi terbaik yang cocok diterapkan bagi bangsa Indonesia yang memiliki latar belakang keanekaragaman suku, ras, agama, maupun antar golongan masyarakatnya.

"Tidak ada alasan moral atau idiologis apapun bagi masyarakat Indonesia, untuk tidak menerima dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar dalam kehidupan berbangsa maupun bernegara," katanya.

Sumber : antara