Ketua DPR Harap 'Brexit' tidak Terulang

Kamis , 22 Jun 2017, 17:51 WIB
 Kendaraan pemudik melintas di tol fungsional Brebes Timur- Gringsing, Jateng, Rabu (21/6).
Foto: Republika/Prayogi
Kendaraan pemudik melintas di tol fungsional Brebes Timur- Gringsing, Jateng, Rabu (21/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Setya Novanto berharap pelaksanaan mudik berjalan lancar dan tidak ada kejadian kemacetan parah seperti pada lebaran tahun lalu. Tahun lalu, terjadi kemacetan di pintu keluar tol Brebes Timur atau dikenal dengan 'Brexit'.

Novanto mengatakan harapan itu seharusnya terwujud mengingat pemerintah sudah melakukan persiapan mudik yang cukup baik, terutama mengantisipasi kemacetan parah seperti tahun lalu. Dia memuji langkah pemerintah mengoperasikan tol fungsional di jalur-jalur mudik.

Tol fungsional, yaitu jalan tol yang hampir selesai pembangunannya atau kondisi jalan sudah baik namun masih belum dilengkapi sejumlah sarana pendukung seperti penerangan lampu jalan. Tol ini difungsikan sebagai jalur alternatif pemudik pada siang hari.

Misalnya, jalan tol Brebes Timur-Pemalang, Kabupaten Tegal, yang dibuka secara situasional karena minimnya penerangan dan tergantung kepadatan jalan tol dan jalur Pantura dari arah Jakarta.

"Ini salah satu strategi mencegah kemacetan parah terulang seperti keluar tol Brebes Timur atau 'Brexit'," kata dia di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta pada Kamis (22/6).

Novanto juga memuji pemerintah yang berupaya sudah melakukan persiapan mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah dengan sangat baik. Tidak hanya infrastruktur jalan. Berdasarkan pantauan yang dia lakukan beberapa hari terakhir ini, pemerintah menunjukkan kesigapan penyediaan jaringan komunikasi telepon seluler, hingga transportasi mudik lebaran.

"Kemarin saya tinjau jaringan yang ada di Telkomsel semua dalam keadaan yang semuanya baik dan saya sudah langsung melakukan komunikasi dengan pihak-pihak yang ada di daerah-daerah," kata dia.

Terkait transportasi mudik, Ketua Umum Golkar tersebut juga menilai persiapan mudik sudah cukup baik. Hal ini setelah tinjauan lapangannya ke Stasiun Pasar Senen, Jakarta Kamis (22/6) siang hari ini bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Sangat luar biasa, saya bersama Menhub langsung melihat dengan Dirut Kereta Api. Saya melihat para pemudik dan kesiapannya dari tiketing, pembayaran dan langsung ketemu masyarakat," ujar Novanto. Fauziah