Safari Ramadhan, Setnov Ingatkan Pentingnya Peran Pesantren

Selasa , 13 Jun 2017, 13:16 WIB
Ketua DPR RI Setya Novanto melakukan Safari Ramadhan ke Pesantren Rahmatullah Demak
Foto: DPR RI
Ketua DPR RI Setya Novanto melakukan Safari Ramadhan ke Pesantren Rahmatullah Demak

REPUBLIKA.CO.ID, DEMAK -- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Setya Novanto melakukan Safari Ramadhan ke Kabupaten Demak, tepatnya Pondok Pesantren Rahmatullah Pimpinan KH Mahfudz Sidiq. Dalam kunjungannya, Setya Novanto mengingatkan pentingnya peran pesantren dalam menjaga negara dari perpecahan.

Silaturahmi ke Pesantren Rahmatullah merupakan rangkaian kegiatan Setya Novanto dalam meneguhkan pesantren sebagai benteng Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Menurut pria yang akrab disapa Setnov ini, sejarah mencatat pesantren punya peran besar dalam menjaga negara terutama dari perpecahan.

"Perjuangan DPR RI maupun Partai Golkar selalu sejalan dengan perjuangan ulama dan pesantren dalam menjaga dan mempertahankan NKRI," ujar Setnov melalui siaran persnya.

Menurut Setnov hal ini penting untuk ditegaskan karena Indonesia sedang menghadapi ujian dan tantangan dengan adanya berbagai tindakan yang mengancam kebhinekaan dan persatuan bangsa. Menurutnya sangat prihatin dengan adanya paham dan ajaran yang ingin mengganti Pancasila dengan ideologi lain.

"Saya mengajak seluruh komponen bangsa, termasuk kalangan pesantren untuk bersatu padu menjaga Pancasila dan NKRI," ujarnya.

Setnov mengatakan ia sangat menghargai perjuangan umat Islam dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, menjaga keutuhan NKRI serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Untuk itu Setnov menentang setiap upaya yang ingin memperhadapkan  umat Islam dengan Pancasila. Menurutnya tak ada pertentangan antara Islam dan Pancasila, sebab keduanya seiring sejalan.

Ketua DPR RI Setya Novanto memberi santunan pada anak yatim dan santri

Islam menurutnya merupakan ajaran yang penuh cinta kasih, toleran, sejuk dan damai. "Islam adalah agama yang Rahmatan Lil Alamin, karena itu di momen Ramadhan ini mari kita bersatu padu menebarkan kebajikan kepada sesama. Menghindari perpecahan, dan menjaga persatuan bangsa," katanya.

Sebagai penutup acara Safari Ramadhan di Pesantren Rahmatullah, Setnov melakukan santunan untuk anak yatim dan santri serta Shalat Ashar berjamaah. Dalam kunjungan Senin (12/6) lalu, Setnov didampingi Bupati Demak HM Natsir, Ketua Badan Urusan Rumah Tangga DPR RI Roem Kono, Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI Firman Soebagyo, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Noor Ahmad, Anggota Komisi X DPR RI Mujib Rohmat, Anggota Komisi VI DPR RI Bowo Sidik, Staff Khusus Ketua DPR RI Yahya Zaini dan Ibu Nurul Arifin.