DPR Dorong Revitalisasi Pabrik Gula

Senin , 12 Jun 2017, 14:44 WIB
Komisi IV melakukan kunjungan spesifik Komisi IV DPR ke pabrik gula Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (8/6).
Foto: dpr
Komisi IV melakukan kunjungan spesifik Komisi IV DPR ke pabrik gula Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (8/6).

REPUBLIKA.CO.ID, KARANGANYAR -- Ketua Komisi IV DPR Edhy Prabowo mendorong semangat revitalisasi guna teroptimalisasinya produktivitas gula di pabrik gula Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Menurut dia, tidak perlu membuat pabrik baru jika pabrik yang ada bisa dioptimalkan.

"Dibandingkan membangun pabrik baru yang investasinya membutuhkan dana yang cukup besar dan memakan waktu pembangunan yang lama, lebih baik direvitalisasi," ujar dia, usai memimpin kunjungan spesifik Komisi IV DPR ke pabrik gula Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (8/6).

Terkait rendemen tebu yang tidak optimal, kata dia, perlu diperhatikan dari kualitas mesin saat memerasnya. Perlu juga dilihat dari kualitas memeras mesinnya. Jika kualitasnya sudah tidak bagus maka harus diperbaiki.

Ini Sebab Rendemen Tebu Makin Menurun

 

Senada dengan Edhy, anggota Komisi IV DPR Ibnu Multazam mengaku setuju jika dilakukan revitalisasi pabrik guna memperoleh hasil rendemen tebu yang optimal. “Untuk menghasilkan rendemen tebu yang bagus tentunya harus ada sinergitas antara tanaman tebu dan mesinnya. Jika mesin yang digunakan bagus maka hasil rendemen tebu juga akan bagus. Jadi ini harus bersama-sama diperhatikan baik on farm maupun off farm-nya,” ujar politisi F-PKB itu.

 

Dia juga mendorong Kementerian Pertanian terkait penanganan bibit yang dilakukan oleh badan Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI) agar diambil alih oleh Dirjen Perkebunan. Selama ini badan tersebut sudah tidak memproduksi kualitas bibit yang baru.

 

Dia menilai, dadan tersebut sudah tidak berfungsi sama sekali dalam memproduksi bibit, sehingga tebu yang ditanam itu bukan merupakan kualitas baru. Riset dan pengembangannya juga sudah tidak berjalan dalam melakukan research tanaman tebu kualitas baru.

"Nah ini banyak yang tidak efisien di dalam hal pergulaan kita ini. Maka dari itu saya kira Komisi IV akan mendorong dari sisi pembibitan terlebih dahulu, agar P3GI diambil alih ke Dirjen Perkebunan, lalu di on farm tebu bisa bongkar ratoon baru selanjutnya pabrik bisa segera untuk direvitalisasi,” kata dia.