Ketua DPR Harap Pelayanan Mudik Berjalan Lancar

Ahad , 11 Jun 2017, 21:39 WIB
Ketua DPR RI, Setya Novanto, melakukan kunjungan kerja dan Safari Ramadhan ke Pelabuhan Kargo Pelindo Dumai dan Pelabuhan Penumpang Internasional Dumai, Provinsi Riau, Ahad (11/6).
Foto: istimewa/dpr
Ketua DPR RI, Setya Novanto, melakukan kunjungan kerja dan Safari Ramadhan ke Pelabuhan Kargo Pelindo Dumai dan Pelabuhan Penumpang Internasional Dumai, Provinsi Riau, Ahad (11/6).

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Setya Novanto, melakukan kunjungan kerja dan Safari Ramadhan ke Pelabuhan Kargo Pelindo Dumai dan Pelabuhan Penumpang Internasional Dumai, Provinsi Riau, Ahad (11/6). Dalam kegiatan tersebut, lelaki yang akrab disapa Setnov itu mengimbau seluruh masyarakat menjaga keamanan demi kelancaran mudik Lebaran 2017.

Setelah berkunjung ke dua pelabuhan dan berdialog langsung dengan para penumpang yang hendak menyeberang ke berbagai daerah, Setya Novanto mengaku mendapat gambaran terkait persiapan pengamanan dan pelayanan angkutan Lebaran 2017. Ia mengaku senang bisa mengetahui sejauh ini aktivitas di Pelabuhan Kargo Pelindo Dumai dan Pelabuhan Penumpang berjalan dengan baik.

Posko pengamanan angkutan Lebaran di pelabuhan yang melibatkan petugas gabungan dari kepolisian, militer, dinas perhubungan, dan pihak terkait lainnya pun diharapkan bisa menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat.

"Saya mengajak semua warga Riau, maupun masyarakat Indonesia pada umumnya, agar mendukung dan melaksanakan sistem pelayanan serta pengamanan angkutan lebaran sejak saat ini,'' katanya, dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Ahad (11/6). ''Kita sama-sama proaktif menjaga keamanan dan ketertiban.''

Setnov juga meminta pihak kepolisian dan semua pihak untuk mendeteksi sejak dini dan mencari solusi pencegahan serta penanganan terhadap berbagai ancaman atau potensi gangguan yang bisa menyebabkan hambatan pelayanan atau keamanan masyarakat.

''Jangan sampai aktivitas masyarakat yang hendak melakukan mudik dan kegiatan di Hari Raya Idul Fitri, menjadi terganggu,'' katanya.

Agenda Setnov diawali dengan kegiatan di Kota Dumia. Setnov didampingi Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI, Roem Kono; Ketua Fraksi Golkar DPR RI, Robert Kardinal; Gubernur Provinsi Riau, Arsyadjuliandi Rachman; Walikota Dumai, Zulkifli AS; Bupati Polelawan, M. Harris; Bupati Rokan Hulu, Suparman; serta pejabat teras lainnya.

Di Pelabuhan Kargo Pelindo Dumai, ia menyaksikan bongkar muat kontainer dan aktivitas pelabuhan lainnya. "Padatnya aktivitas pelabuhan menandakan perekonomian yang bergerak pesat," ujarnya.

Dalam kunjungan ke Pelabuhan Penumpang Internasional Kota Dumai, Setya menyapa para penumpang yang akan berangkat ke Malaka, Batam, serta ke berbagai daerah lain. Sekaligus mengecek persiapan pelabuhan menyambut mudik Idul Fitri 2017.