Kebangkitan Nasional Saatnya Bijak Sikapi Perbedaan

Senin , 22 May 2017, 09:18 WIB
Ketua Umum Partai Golongan Karya Setya Novanto
Foto: ROL/Havid Al Vizki
Ketua Umum Partai Golongan Karya Setya Novanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI, Setya Novanto mengajak pada seluruh elemen bangsa untuk menyikapi perbedaan yang saat ini mengguncang bangsa dengan cara yang bijak. Setnov mengatakan, Hari kebangkitan nasional bukan merupakan sekedar ritual peringatan tahunan.

"Lebih dari itu memberi pelajaran berharga tentang bagaimana menyikapi perbedaan dalam berbagai aspek kehidupan di alam demokrasi," katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/5).

Novanto mengatakan, momentum kebangkitan nasional seharusnya digunakan untuk memaknai bahwa perbedaan tidak seharusnya disikapi dengan sinisme apalagi kebencian. Ataupun perbedaan yang tidak dijawab dengan kekerasan ataupun intimidasi. Namun ,kata dia, perbedaan yang dihadapi dengan keteduhan dan kesejukan atas dasar persamaan nasib sebagai anak bangsa.

"Yang sedang membutuhkan suasana kehidupan yang aman, tertib dan damai," kata dia.

Ketua umum Partai Golkar ini juga mengucapkan selamat memaknai Hari Kebangkitan Nasional. Setnov menjelaskan, ada banyak nilai-nilai dari kebangkitan nasional yang dapat dijadikan teladan untuk generasi masa kini dan yang akan datang.

"Ingat, nasionalisme adalah sumber kekuatan kita bersama. Mari kita asah dan rawat dengan baik demi tegak dan lestarinya masa depan Indonesia yang kita cintai," ujar Setnov.