Ketua DPR Dukung TGH Muhammad Zainuddin Jadi Pahlawan Nasional

Ahad , 30 Apr 2017, 21:31 WIB
Madrasah Nahdlatul Wathan
Foto: Dokumentasi Nahdlatul Wathan
Madrasah Nahdlatul Wathan

REPUBLIKA.CO.ID,MATARAM -- Ketua DPR Setya Novanto mendukung TGH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid menjadi pahlawan nasional.

"Saya sebagai ketua DPR dan ketua Partai Golkar akan memberikan dukungan kepada TGH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid menjadi pahlawan nasional," kata Setya Novanto di Mataram, Ahad (30/4).

Ia menegaskan, usulan menjadikan TGH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid menjadi pahlawan nasional akan diteruskannya kepada pemerintah untuk bisa segera di setujui. "Kami akan perjuangkan kepada pemerintah agar disetujui," tegasnya.

Untuk diketahui TGH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid atau Tuan Guru Pancor merupakan sosok ulama pejuang dari Pancor, Lombok Timur (NTB).

Sepulang menimba ilmu dari Makkah tahun 1934, ia mendirikan Pesantren Al Mujahidin sebagai basis perjuangan. Dengan dukungan masyarakat yang semakin luas 22 Agustus 1937, ia mendirikan Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI).

Ini adalah cikal bakal Ormas Nahdlatul Wathan (NW) yang hingga kini menaungi ribuan lembaga pendidikan di sejumlah daerah di Indonesia.

Selain itu TGH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid adalah salah satu penggagas dan pengembang nasionalisme religius untuk kemerdekaan bangsa Indonesia lewat organisasi modern yakni Nahdlatul Wathan pada 1934 di kampung halamannya di Lombok NTB.

Sumber : Antara