Selasa , 21 Maret 2017, 11:29 WIB

Perkembangan Teknologi Ubah Cara Manusia Berinteraksi

Red: Dwi Murdaningsih
dpr
Wakil Ketua DPR Korkesra Fahri Hamzah saat berkunjung ke Sarana Digital Engagement Center di Gedung Indosat, Jakarta, Senin (20/3).
Wakil Ketua DPR Korkesra Fahri Hamzah saat berkunjung ke Sarana Digital Engagement Center di Gedung Indosat, Jakarta, Senin (20/3).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perubahan tidak bisa dihindari. Perkembangan perangkat teknologi baru dunia menyebabkan cara manusia berinteraksi ikut berubah. Wakil Ketua DPR Korkesra Fahri Hamzah mengatakan DPR tidak bisa lagi mengandalkan pola-pola komunikasi dengan masyarakat secara tradisional.  
 
“DPR sebagai lembaga perwakilan rakyat dan ditugaskan untuk mendengar aspirasi masyarakat harus memodernkan dirinya, supaya dapat lebih cepat merespon apa yang menjadi persoalan-persoalan masyarakat. Kita ingin mempelajari hal itu dari Indosat, yang sudah lebih dahulu mengimplementasikannya,” ucap Fahri, saat berkunjung ke Sarana Digital Engagement Center di Gedung Indosat, Jakarta, Senin (20/3).

Ia mengatakan, memang tidak bisa mengganti salaman dan silaturahim dengan cara digital, tetapi menyangkut aspirasi dan percakapan masyarakat, terutama kelompok kelas menengah, kaum muda, dan sebagainya, bisa ditangkap melalui digitalisasi sistem informasi di DPR.
 
“Ini salah satu aspek dari keseluruhan rencana DPR untuk membangun parlemen yang modern dan berbasis kepada IT dan sistem digital. itulah sebabnya kita datang ke Indosat, karena Indosat adalah salah satu perusahaan seluler yang paling tua di Indonesia, dan merupakan perintis yang telah banyak mengalami pengalaman internal,” ujarnya.
 
Ada satu pengalaman yang ingin dicontoh, kata Fahri, yaitu bagaimana menerapkan digital lifestyle dan juga sistemnya kepada anggotanya. Serta mendidik masyarakat tentang bagaimana hidup di era digital.

“Ada tahapan berikutnya yang harus kita lakukan, sebab digital era ini juga perlu penyuluhan. Itu  dikarenakan saat ini semakin banyak hal yang hilang dari kita, dimana digambarkan seseorang saat di meja makan dengan keluarganya tetapi semua anggota keluarga sibuk dengan Handphone. Pada akhirnya, masyarakat harus kita tuntun agar menggunakan telpon genggam yang dimilikinya untuk melakukan penggunaan dan komunikasi yang lebih positif," kata dia.

Video

DPR Minta Vaksin Ulang Harus Gratis