Komisi IV Apresiasi Program Brigade Alsintan Pemda Gorontalo

Selasa , 28 Feb 2017, 14:43 WIB
Kunjungan kerja Komisi IV ke Gorontalo.
Foto: DPR
Kunjungan kerja Komisi IV ke Gorontalo.

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Anggota Komisi IV DPR RI Susi Syahdonna M. Baschin mengapresiasi program Brigade Alsintan (alat mesin pertanian) yang dibentuk pemda Gorontalo Utara. Dalam sistem brigade itu masyarakat dan kelompok tani harus antri jika ingin menggunakan alsintan saat panen.

"Saya mengapresiasi sistem brigade pada alat mesin pertanian (alsintan) yang dibentuk dan dikelola Pemda Gorontalo. Namun hal itu sangat beresiko terjadinya pungli-pungli di desa," ujar Susi di sela-sela kunjungan kerja, Senin (27/2).

Menurut dia, kondisi ini sangat berisiko ketika terjadi panen raya atau bersama. Saat panen raya, kata dia, masing-masing masyarakat atau kelompok tani ingin lebih dahulu menggunakan alat tersebut.

Namun, menurut anggota Komisi IV DPR, Rahmad Handoyo sejatinya hal-hal yang dikhawatirkan itu tidak akan terjadi jika mengikuti mekanisme yang ada. Meski demikian Rahmad berharap agar tidak semua bantuan alsintan itu menggunakan sistem brigade. Namun terbatas pada alsinta dengan jangkauan yang luas.

Sedangkan alsinta dengan jangkauan wilayah kecil tetap bisa dengan menggunakan sistem swadaya masyarakat. Lebih tepatnya diserahkan kepada kelompok-kelompok tani. Dengan demikian kekhawatiran akan terjadinya rebutan bahkan pungli penggunaan alsintan tidak akan terjadi.