Selasa , 21 Februari 2017, 18:52 WIB

Ketua DPR: Meski Ada Demonstrasi, Masyarakat Inginnya Tetap Aman

Red: Didi Purwadi
Republika/Rakhmawtay La'lang
Setya Novanto
Setya Novanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR, Setya Novanto, mengatakan masyarakat menginginkan agar situasi tetap aman dan tenang meskipun ada demonstrasi di Gedung MPR, DPR, dan DPD. Sehingga, setiap aksi massa diharapkan dapat menjaga keamanan dan ketertiban selama aksi berlangsung.

"Suasana yang aman dan tenang adalah keinginan masyarakat Jakarta dan Indonesia, meskipun ada demonstrasi di Gedung Parlemen karena itu merupakan hak mereka untuk menyampaikan aspirasi," kata Novanto di Gedung Nusantara III, Jakarta, Selasa.

Novanto mengatakan aksi massa merupakan hak dari setiap warga untuk menyampaikan aspirasinya karena telah diatur dalam konstitusi negara. Namun, dia mengharapkan aksi berlangsung aman dan tertib karena esensi menjalankan demokrasi adalah hak-hak tiap warga terpenuhi.

"Hal ini agar apabila ada warga yang bekerja tetap aman dan tenang, sehingga aktivitas berjalan secara normal," ujarnya.

Aksi massa yang digelar di Gedung Parlemen diikuti oleh beberapa organisasi keagamaan dan organisasi kemahasiswaan. Mereka menuntut pencopotan Basuki Tjahaja Purnama sebagai gubernur DKI Jakarta karena telah berstatus terdakwa kasus dugaan penistaan agama.

 

Video

DPR Minta Vaksin Ulang Harus Gratis