Wakil Ketua DPR Serukan Pentingnya Pemahaman Politik untuk Anak-Anak

Rabu , 08 Feb 2017, 23:43 WIB
Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan.
Foto: dpr
Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan, menilai pemberian pemahaman politik kepada anak-anak usia sekolah dasar penting. Hal tersebut berguna untuk memberi pengetahuan dasar politik.

"Pendidikan politik kepada anak-anak harus disesuaikan dengan situasi dan usia anak," kata Taufik di hadapan 92 pelajar kelas empat Sekolah Dasar Cikal, Cilandak, Jakarta, saat berkunjung ke Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa. Pada kesempatan tersebut, Taufik didampingi anggota Komisi IX DPR RI Ahmad Rizki Sadiq.

Menurut Taufik, pemberian pendidikan politik kepada anak-anak akan lebih efektif dalam suasana bermain atau kegiatan sekolah, seperti pemilihan ketua kelas.

"Pendidikan politik kepada anak-anak sekolah dasar harus disesuaikan dengan situasinya,'' katanya. ''Untuk anak-anak SD kan tidak mungkin diberikan bobot pemahaman tentang DPR yang terlalu berat.''

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu menambahkan, penerapan kehidupan berdemokrasi di lingkungan sekolah, dapat dilakukan melalui pemilihan calon ketua kelas. Menurut dia, pada pemilihan calon ketua kelas, terjadi proses politik yang tidak terlalu substantif karena diselingi suasana bermain.