Wakil Ketua Komisi IV Dukung Kalbar Ekspor Beras

Sabtu , 04 Feb 2017, 20:59 WIB
Anggota Fraksi PKB  Daniel Johan.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Anggota Fraksi PKB Daniel Johan.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMBAS -- Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Daniel Johan, menegaskan dukungannya terhadap rencana pemerintah menyiapkan Provinsi Kalimantan Barat untuk ekspor beras kualitas premium ke Malaysia.

"Sangat mungkin bagi Kalbar untuk ekspor beras. Peningkatan produksi melalui teknologi hazton, salah satunya," kata Daniel Johan saat panen raya padi teknologi hazton di Desa Sepinggan, Kecamatan Semparuk, Sambas, Sabtu.

Menurut Daniel Johan, Kabupaten Sambas sebagai lumbung padi Kalbar sangat berpeluang untuk ekspor beras. Ia mencontohkan di areal seluas 10 ribu hektare yang menggunakan teknologi hazton, produksi padi petani naik tiga atau empat ton per hektare.

"Artinya, ada 30 ribu atau 40 ribu ton tambahan, ini baru satu kali musim tanam," ujar dia. Untuk itu, ia dan Komisi IV mendorong agar teknologi tanam hazton terus diterapkan terutama di Provinsi Kalbar.

Tahun 2016, Kalbar mendapat alokasi sekitar 44.600 hektare untuk menggunakan teknologi hazton. Daniel mengungkapkan, pada tahun ini didorong agar naik menjadi 60 ribu hektare.

"Kalau terjadi peningkatan produktivitas per hektare, akan berlebih untuk memenuhi kebutuhan rakyat Kalbar. Maka sangat memungkinkan untuk ekspor beras," kata anggota DPR Dapil Kalbar dari Partai Kebangkitan Bangsa ini.

Sumber : Antara