DPR Ingin IKM NTB Berkembang Seperti di Bali

Rabu , 28 Sep 2016, 11:02 WIB
IKM NTB diharapkan bisa berkembang seperti di Bali.
Foto: dpr
IKM NTB diharapkan bisa berkembang seperti di Bali.

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) khususnya para pengusaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) terus didorong agar dapat memenuhi standar-standar nasional (SNI). Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Farid Al-Fauzi mengatakan pemerintah harus melakukan terobosan untuk menembus pasar-pasar baru.

Persoalan tersebut, lanjutnya, karena NTB tidak terkenal seperti Bali yang mudah mendapat perhatian dan kepercayaan dari pihak asing. Namun seiring dengan berkembangnya pariwisata NTB tentu pihak asing secara tidak langsung akan mulai membuka peluang untuk bisnis kreatif NTB.

"Sehingga produksi lokal ini yang mempunyai nilai seni luar biasa masuk ke pasar yang lebih luas,” ujar dia, baru-baru ini.

Dia meminta pemerintah agar bisa menjual nilai karya seni dan hasil buah kerajinan tangan masyarakat Indonesia. Farid juga mendorong agar ada ide untuk mempromosikan produk-produk lokal ke kancah Internasional. Menurut dia, selama ini kendala pelaku usaha dalam melakukan ekspor melalui daerah lain terletak pada kepercayaan buyer yang rendah pada daerah NTB. Hal ini membuat pelaku usaha NTB jarang melakukan direct selling untuk ekspor atas nama NTB.

“Ini yang akan kita desain bersama nanti dengan kementerian perindustrian dan perdagangan di Komisi VI DPR RI, agar IKM juga memiliki kemampuan manajerial yang mumpuni dan memiliki kelengkapan administrasi sebagai pelaku usaha untuk meminimalisir kendala-kendala dikemudian hari,” kata dia.

Politisi asal Dapil Jawa Timur XI mengimbau pemerintah daerah, provinsi maupun pusat agar dapat melakukan terobosan guna menembus pasar baru yang lebih luas sehingga IKM di Provinsi NTB dapat bersaing serta meningkatkan ekonomi masyarakat.