Malang Diharapkan Bisa Berkembang Jadi Destinasi Wisata Unggulan

Senin , 26 Sep 2016, 11:14 WIB
Dua pemuda suku Tengger berfoto bersama usai berdoa di kawah Gunung Bromo pada Upacara Yadnya Kasada, Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (21/7).
Foto: Antara/Zabur Karuru
Dua pemuda suku Tengger berfoto bersama usai berdoa di kawah Gunung Bromo pada Upacara Yadnya Kasada, Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (21/7).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- DPR menginginkan Malang menjadi destinasi wisata unggulan. Pimpinan Tim Kunjungan Kerja Spesifik (kunspek) Komisi X DPR ke Malang Ridwan Hisyam mengatakan peningkatan status itu diharapkan bisa meningkatkan devisa dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar Kabupaten Malang.

Hal itu diungkapkannya saat pertemuan dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Malang Jumat (23/9). Malang mempunyai banyak tempat wisata  seperti Gunung Bromo, Air Terjun Banyu Anjlok, Alun-Alun Malang, Wisata Paralayang dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya tempat wisata  alam di kota tersebut diharapkan dapat menjadi potensi kekuatan pariwisata. Selain keindahan alam, Kabupaten Malang juga memiliki  budaya daerah yang sangat kental sekali dan bisa dijual ke wisatawan.

“Kita menginginkan bahwa Kabupaten Malang bisa mengembangkan 10 destinasi baru oleh pemerintah, salah satunya Gunung Bromo. Gunung Bromo ini salah satu pintu masuknya dari Kabupaten Malang yang diharapkan menjadi destinasi unggulan sehingga mesti  dikembangkan oleh pemerintah, “ ujar anggota Fraksi Golkar tersebut.

Selain itu Ridwan juga berharap adanya kerja sama antar pemerintah. Ridwan mengatakan pengembangan destinasi wisata perlu dibarengi dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Menurut dia, percuma jika pemerintah mengemangkan destinasi baru tapi SDM tidak ada. Dia berharap suatu saat nanti pariwisata menjadi pemasukan devusa nomor satu, karena saat ini pariwisata masih berada di urutan nomor 4. 

Sumber : pemberitaan DPR