DPR Ajak Semua Pihak Wujudkan Kebangkitan Nasional

Jumat , 20 May 2016, 15:25 WIB
Ketua DPR Ade Komarudin bersiap menyampaikan keterangan pers di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (27/4).
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Ketua DPR Ade Komarudin bersiap menyampaikan keterangan pers di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (27/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Ade Komarudin mengajak seluruh lapisan masyarakat bersatu untuk bersama-sama mewujudkan kebangkitan nasional yang sesungguhnya.

"Mari kita bekerja bersama-sama. Kita menghadapi banyak tantangan saat ini," ucap Ketua DPR RI Ade Komarudin di Jakarta, Jumat.

Dikatakan, secara internal di dalam negeri masih menghadapi banyak permasalahan, perekonomian yang masih belum pulih, pembangunan infrastruktur yang masih belum merata, ancaman radikalisme dan terorisme serta persoalan sosial yang kian mengkhawatirkan.

Pernyataan Ade tersebut disampaikan dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 20 Mei 2016.

Ade Komarudin yang dipanggil akrab Akom itu menjelaskan, secara eksternal Indonesia menghadapi tantangan yang tidak kalah berat. Kompetisi antara negara dalam kancah global semakin ketat. Untuk itu mau tidak mau Indonesia harus bangkit menjadi bangsa yang kompetitif dalam pada persaingan tingkat global.

Semangat Kebangkitan Nasional yang ditandai dengan berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908, menurut Akom, harus menjadi landasan bagi seluruh pihak untuk mewujudkan kebangkitan nasional.

"Bukan saatnya lagi mengedepankan hal-hal yang sifatnya seremonial atau wacana yang tidak produktif. Saat ini sebagaimana sering disampaikan oleh Presiden Jokowi, kita harus bekerja nyata mewujudkan kebangkitan nasional," katanya.

Sebagai Ketua DPR, Akom juga akan mendorong DPR RI lebih produktif dalam melakukan tugas dan tanggungjawabnya. DPR saat ini menurut Akom, terus berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam mengelola pemerintahan.

"Sebagai Ketua DPR RI saya akan terus berkomitmen memperjuangkan kebangkitan nasional. Salah satunya dengan terus memberikan dukungan kepada pemerintahan Jokowi-JK dalam mewujudkan pembangunan nasional," katanya.