Rabu 27 Sep 2017 17:04 WIB

DPD Berikan Catatan Ini untuk Penyelenggaraan Ibadah Haji

Anggota Komite III DPD RI Hardi Selamat Hood (dua dari kiri).
Foto: dpd
Anggota Komite III DPD RI Hardi Selamat Hood (dua dari kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komite III DPD RI Hardi Selamat Hood menuturkan penyelenggaraan haji tahun 2017 masih menyisakan permasalahan rutin yang kerap terjadi setiap tahunnya. Untuk itu diperlukan pengawasan dan pembinaan yang lebih baik terkait penyelenggaraan ibadah haji.

Salah satu masalah terkait penyelenggaraan haji terkait dengan kurangnya pembinaan melalui manasik haji yang hanya menitikberatkan pada ibadah hajinya saja tanpa memperhatikan aspek penguasaan lapangan.
 
"Jika kita liat manasik haji saat ini lebih menitikberatkan  pada  ibadah hajinya saja tanpa memikirkan masalah aspek penguasaan lapangan. Hal-hal kecil seperti ini yang tidak diantisipasi oleh pembimbing hajinya," ujarnya.
 
Hal lain yang juga disoroti oleh Hardi Selamat Hood terkait dengan kondisi fisik jemaah haji Indonesia. Menurut dia, banyak jamaah yang memaksakan diri untuk beribadah haji tanpa menghiraukan kondisi fisiknya. Padahal, hal ini dapat menyebabkan resiko kematian tingkat tinggi.
 
Senator Provinsi Kepulauan Riau ini mengatakan adanya ketidakseimbangan perbandingan petugas haji dengan peningkatan kuota jamaah haji sehingga banyak jamaah yang masih tersesat saat beribadah. Untuk itu selain penambahan petugas hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan pemberiaan alat deteksi berupa chip.
 
"Banyak sekali jamaah tersesat padahal sudah di jalan yang benar. Hal ini menunjukkan perbandingan petugas haji  belum sebanding dengan penambahan kuota haji. Untuk itu diperlukan penambahan petugas dan agar jemaah dapat diberikan alat deteksi seperti chip sehingga tidak tersesat," ujar dia.
 
Senada dengan Hardi, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Sodik Mudjahid menyatakan bahwa perlu adanya penyempurnaan pembinaan ibadah haji dan penambahan petugas haji.
 
"Kita harus merevisi pembinaan terkait manasik haji. Bobotnya agar disempurnakan sehingga ada penguasaan medan,selain itu petugas haji juga perlu ditingkatkan jumlah dan pengetahuannya," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement