Kamis , 10 Agustus 2017, 18:04 WIB

OSO: Jadi Anak Muda Jangan Minder

Red: Qommarria Rostanti
ROL/Fakhtar K Lubis
Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang
Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang (OSO), menyambut 340 peserta Lomba Cerdas Cermat (LCC) 4 Pilar MPR 2017 tingkat SMA. Mereka datang dari 34 provinsi di Indonesia.

OSO merasa bangga bisa berhadapan dengan para pelajar dari berbagai daerah itu. "Saya juga dari kampung," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (10/8).

OSO juga berasal dari kampung yang berada di tepi Pantai Sukadana, Kalimantan Barat. "Waktu itu di sana belum ada SMA. Sekarang saya bertemu dengan anak SMA dari seluruh Indonesia, betapa bangganya," kata dia.

Dia menyebut, para peserta LCC adalah anak-anak pintar. Meski pintar, mereka juga diharapkan mempunyai ketulusan. "Ketulusan tak akan terjadi bila tak mempunyai hati nurani," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, OSO juga berdoa agar anak-anak muda itu menjadi pemimpin. LCC kali ini dinilainya luar biasa dan persaingan pun diprediksi akan ketat. "Jadi jangan grogi dan minder. Jangan merasa dari daerah, merasa-lah sebagai orang kota. Kita anak kampung yang tinggal di kota," ujarnya.

OSO juga menyarankan agar para peserta mampu meraih kemenangan dalam lomba tersebut. Dalam pesannya, OSO berharap agar anak muda jangan sampai terkena narkoba. "Bila terkena narkoba nanti kalian akan berbohong pada orang tua, guru, teman, dan pada semua untuk mendapatkan narkoba," kata pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI ini.

Dia mengingatkan para pelajar mengenai bahaya narkoba. Narkoba, kata dia, akan membuat diri dan orang tua menderita."Orang tua akan menderita kalau anaknya terkena narkoba. Jangan sekali-kali sakiti ibumu," kata OSO.

Video

DPD RI Sepakat Kalijodo Harus Direlokasi