Senin , 03 July 2017, 17:23 WIB

AM Fatwa Apresiasi Kelancaran Mudik 2017

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Gita Amanda
Republika/Agung Supriyanto
Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), AM Fatwa
Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), AM Fatwa

REPUBLIKA.CO.ID,REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), AM Fatwa menyampaikan apresiasinya soal kelancaran mudik 2017 dengan angka kelancaran yang turun hingga 50 persen dari tahun sebelumnya.

"Alhamdulillah kita sampaikan apresiasi kepada jajaran pemerintah khususnya kepada Kemenhub (Kementerian Perhubungan), PU (Pekerjaan Umum) dan Kepolisian yang paling bertanggung jawab tentang kelancaran Mudik 2017 sehingga angka kecelakaan turun 50 persen," ujar politikus dari DKI Jakarta itu melalui siaran persnya, Senin (3/7).

Menurutnya, kunci utama keberhasilan tersebut karena adanya perencanaan yang matang mulai dari pembenahan infrastruktur, penambahan transportasi umum, manajemen dan rekayasa lalu lintas serta waktu libur yang cukup. Tradisi mudik menurutnya sudah merupakan semacam ritual budaya yang punya dampak besar bagi kesejahteraan rakyat khususnya memicu pergerakan ekonomi ke desa.

Ia pun menceritakan saat masih di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) tiap tahun mencoba menghitung secara garis besar gerakan mudik rakyat yang disertai dengan pergerakan ekonomi ke desa. Terakhir, sambung dia, pada 2009 sekitar 17 juta pergerakan mudik rakyat diseluruh Tanah Air dengan hitungan kasar jika rata - rata membawa dua juta rupiah maka terhimpun sekitar Rp 34 triliun bagi kesejahteraan rakyat desa.

Video

DPD RI Sepakat Kalijodo Harus Direlokasi