Kamis , 22 June 2017, 17:54 WIB

'Terminal Pulo Gebang Harus Bebas Calo'

Rep: Ali Mansur/ Red: Dwi Murdaningsih
Republika/Rahma Sulistya
Anggota Pramuka dikerahkan di Terminal Pulogebang, memberikan arahan kepada penumpang yang menanyakan bus tujuannya.
Anggota Pramuka dikerahkan di Terminal Pulogebang, memberikan arahan kepada penumpang yang menanyakan bus tujuannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 2017, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Nono Sampono melakukan sidak di sejumlah titik pemberangkatan pemudik. Selain mengecek kesiapan Pelabuhan Tanjung Priok, Nono juga meninjau situasi terkena Terminal Terpadu Pulo Gebang. Nono ditemani senator asal Jakarta, Fahira Ibdris mengecek pengetesan kesehatan bagi para sopir bis.

"Saya menurut saya sudah dijamin keamanan dan keselamatan penumpang, karena sebelum bertugas sopir  bis di cek urin nya untuk memastikan bebas alkohol dan narkoba," kata Nono, di Pulo Gebang, Bekasi, Kamis (22/6).

Nono juga mengecek posko kesehatan, loket penjualan tiket elektronik yang sudah beroperasi dengan baik. Menurut Nono pengecekan kesiapan unit bis yang disebut dengan running check juga sudah berjalan baik. "Peningkatan pelayanan harus baik, kalau terminal seperti ini harus sistem online dan mengurangi calo. Terminal sudah bagus modern harus diimbangi teknologi yang modern juga," kata Nono.

Selain itu, Nono bersama Fahira Idris juga melihat-lihat kondisi bis-bis di terminal Pulogebang yang siap mengangkut penumpang mudik lebaran 2017. Fahira mengatakan sebelum bis berangkat harus dicek lebih dulu prosedurnya. Diantaranya pemeriksaan rem,  lampu utama, lampu sign, tekanan angin sampai kepada lampu rem. "Saya harap pengemudi bis tidak ugal-ugalan juga dijalan sehingga bisa menurunkan tingkat kecelakaan dijalan," kata dia.


Video

DPD RI Sepakat Kalijodo Harus Direlokasi