Selasa , 11 Oktober 2016, 10:52 WIB

3 Nama Bersaing Jadi Ketua DPD

Red: Andi Nur Aminah
dok: DPD RI
 Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad
Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga nama pimpinan DPD, Selasa (11/10), bersaing menjadi ketua melanjutkan kepemimpinan Irman Gusman yang telah diberhentikan melalui rapat paripurna luar biasa pada pekan lalu. DPD akan melakukan pemilihan pimpinan untuk Indonesia Bagian Barat maupun ketua sebagai pengganti Irman Gusman dalam rapat paripurna luar biasa yang diselenggarakan di ruang Nusantara V Gedung MPR/DPR/DPD Jakarta.

Ketiga nama tersebut adalah Gusti Kanjeng Ratu Hemas dari DI Yogyakarta, Farouk Muhammad dari Nusa Tenggara Barat, serta seorang lagi pimpinan DPD RI yang baru terpilih dari Indonesia Barat. Gusti Kanjeng Ratu Hemas adalah pimpinan DPD RI dari Indonesia Tengah serta Farouk Muhammad adalah pimpinan DPD RI dari Indonesia Timur.

Menurut Farouk Muhammad, berdasarkan Tata Tertib DPD RI, pemilihan pimpinan dan ketua DPD RI akan dilakukan dalam dua tahap. Pada tahap pertama akan dilakukan, pimpinan DPD RI yang dapat diikuti oleh seluruh anggota DPD RI dari Indonesia Barat, karena Irman Gusman berasal dari Indonesia Barat.

Ada sebanyak 39 anggota DPD RI dari Indonesia Barat, karena satu anggotanya, Irman Gusman, tidak dapat memilih dan dipilih. Menurut Ketua Komite I DPD RI, Ahmad Muqowam, pemilihan pimpinan DPD RI dari Indonesia Barat diserahkan kepada anggota dari Indonesia Barat yang memiliki hak memilih dan dipilih, apakah akan dilakukan secara aklamasi, musyawarah mufakat, atau melalui voting.

Selama sepekan terakhir, ada 13 nama yang disebut-sebut akan maju sebagai calon pimpinan DPD RI dari Indonesia Barat.
Ke-13 nama tersebut berdasarkan urutan alfabet adalah, Abdul Aziz Asmawati (Sumatra Selatan), Darmayanti Lubis (Sumatra Utara), Djasarmen Purba (Kepulauan Riau), Fachrurazi (Aceh), Hardi Selamat Hood (Kepalauan Riau), Instyawati Ayus (Riau), Muhammad Sukur (Jambi), dan Parlindungan Purba (Sumatra Utara).

Muqowam menambahkan, setelah satu nama terpilih menjadi pimpinan DPD dari Indonesia Barat, maka pimpinan DPD RI menjadi tiga bersama dua pemimpin yang sudah ada yakni Gusti Kanjeng Ratu Hemas dari Indonesia Tengah dan Faoruk Muhammad dari Indonesia Timur. Ketiga pimpinan tersebut akan dipilih menjadi ketua DPD RI oleh seluruh anggota DPD RI yakni sebanyak 131 anggota.

Setelah terpilih ketua DPD RI, langsung dilakukan pengambilan sumpah jabatan yang akan dipimpin Ketua Mahkamah Agung. Rapat paripurna luar biasa DPD RI dengan agenda pemilihan pimpinan dan ketua DPD RI dijadwalkan akan diselenggarakan Selasa hari ini mulai pukul 14.00 WIB.

Video

DPD RI Sepakat Kalijodo Harus Direlokasi