Selasa 05 Jan 2016 18:35 WIB

Irman Gusman Berharap Konflik Arab-Iran Segera Selesai

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Irman Gusman
Foto: dok DPD RI
Irman Gusman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI  Irman Gusman mengharapkan konflik Arab Saudi dan Iran segera dapat diselesaikan.

Konflik kedua negara Timur Tengah tersebut jika terus berlanjut hanya akan menimbulkan kerugian.

Irman meminta, pemerintah dan kelompok-kelompok masyarakat di Arab Saudi dan Iran untuk segera menghentikan pernyataan, manuver, atau kegiatan apapun yang berpotensi memperkeruh keadaan. Kerugian tidak hanya berdampak pada kedua negara, tapi juga negara-negara Islam lainnya.

"Oleh sebab itu kami mendesak dua negara yang sedang bertikai itu untuk secepatnya melakukan rekonsiliasi demi menjaga stabilitas kawasan Timur Tengah serta hubungan antara sesama negara berpenduduk Muslim yang semestinya memberikan keteladanan tentang nilai-nilai Islam yang cinta damai dan menebarkan Islam rahmatan lil alamin," kata Irman dalam keterangan resmi yang diterima Republika.co.id, Selasa (5/1).

Memiliki ikatan tali persaudaran sesama Muslim, Irman meminta kepada sesama negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI) agar dapat menahan diri dan memberikan kontribusi positif guna menjalin kembali tali persaudaraan.

Dengan menjaga suasana agar tidak bertambah panas, dapat berdampak bagi terciptanya tata dunia baru yang lebih tenteram, adil, dan sejahtera.

"Kepada segenap komponen bangsa serta warga Indonesia, baik di dalam maupun di luar negeri, kami menyerukan agar turut menjaga stabilitas dan keharmonisan hubungan antar sesama warga serta tidak terpancing oleh isu apapun yang berpotensi merusak kerukunan sosial," kata anggota DPD RI dari Sumatra Barat ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement