Sabtu 12 Dec 2015 12:44 WIB

'Dunia Harus Kenal Indonesia, Bukan Hanya Karena Bali'

Rep: c27/ Red: Dwi Murdaningsih
Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Irman Gusman saat meninjau Kawasan Industri Tanjung Buton, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Senin (16/11).  (foto : DPD RI)
Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Irman Gusman saat meninjau Kawasan Industri Tanjung Buton, Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Senin (16/11). (foto : DPD RI)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPD) RI Irman Gusman menyatakan Indonesia belum memiliki strategi besar dalam pemasaran. DPD RI mendorong pemerintah daerah untuk menjadi marketer.

"Dunia harus mengenal Indonesia, bukan hanya karena Bali," ujar Irman Gusman, Jumat (11/12).

Terlebih lagi ASEAN Economic Community di depan mata. Era kompetisi strategi marketing yang cangkupannya global harus dihadapi seluruh wilayah Indonesia.

Barang dan jasa yang berdaya saing tinggi akan mengalir dari negara-negara yang unggul dalam strategi marketing dan yang dijadikan pasarnya adalah negara-negara yang lemah dalam strategi marketing. Persaingannya antardaerah, antarsektor, antarpelaku ekonomi akan semakin feleksibel dilakukan.

“Penerima penghargaan ini harus terus di barisan terdepan untuk memenangkan persaingan," kata anggota dewan perwakilan Sumatra Barat ini.

Irman menganjurkan agar Indonesia menjadi bangsa pemasar dan jangan hanya menjadi pasar. Ditambah lagi strategi pemasaran haru secara keseluruhan, tidak bisa lagi berjalan sendiri-sendiri di era pasar bebas yang diwarnai perang strategi marketing.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement