Selasa 17 Nov 2015 09:13 WIB

Ketua DPD: Masalah Sampah Jangan Marah-Marah

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Sampah
Foto: Antara
Sampah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Permasalahan pengakutan sampah yang terjadi di wilayah DKI Jakarta masih belum menemukan titik terang.

Menimbang permasalahan yang cukup menarik perhatain publik ini, Ketua Dewan Perwaklan Daerah (DPD) RI Irman Gusman juga ikut berbicara.

"Soal sampah kan isu yang hangat, sehingga harus dilakukan secara komperhensif," ujarnya kepada Republika, belum lama ini.

Permasalahan pengakutan sampah dari Jakarta menuju Bantar Gebang, Bekasi, dinilai bukan lagi permasalahan Ibu Kota semata. Pemerintah pusat diharapkan dapat ikut turun tangan karena sudah mencangkup permasalahan dua provinsi yang berbeda.

Irman menyatakan, seharusnya permasalahan sampah ini tidak perlu gaduh, apalagi diselesaikan dengan marah-marah. Ia mencontohkan negara lain yang justru menyelesaikan permaslahan sampah dengan cara yang manis.

"Sampah itu harusnya diselesaikan dengan penanganan yang baik, seperti di Swedia itu impor sampah," kata anggota DPD perwakilan Sumatra Barat ini.

Permasalahan sampah menurutnya terletak pada managemen. Makan persoalan itu harus diselesaikan dengan kepala dingin agar bisa berdiskusi dengan baik. "Harus lebih dingin, taktis, dan solutif," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement