Ahad 25 Oct 2015 06:51 WIB

Ketua DPD: Bela Negara Itu Berkonsep Luas

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri
Irman Gusman
Foto: ROL
Irman Gusman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman menyatakan mendukung konsep bela negara. Bela negara merupakan hal dasar yang perlu dimiliki oleh setiap masyarakat di Indonesia.

Ia menjelaskan, bahwa konsep bela negara begitu luas. Tidak bisa hanya dibatasi dengan sebuah program, seperti bekerja dengan baik, tidak melajukan tidakan korupsi, mencintai keluarga dan bangsa merupakan perwujudan bela negara.

"Caranya macam-macam," ungkap anggota DPD utusan Sumatera Barat di Jakarta, belum lama ini.

Menurutnya, jika pemerintah memang merancang sebuah program bela negara, maka program tersebut harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Bukan hanya serta merta program yang dilaksanakan tanpa melihat kebutuhan bangsa.

Ia juga melihat, jika program bela negara memutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Melihat hal tersebut, ia menyarankan agar melakukannya saat kondisi bangsa telah membaik.

"Dengan cara-cara yang tidak menggunakan dana yang besar," ujarnya.

Untuk saat ini, Irman lebih menyarankan agar masyarakat mengekspresikan konsep bela negara dengan banyak hal. Tidak hanya terpatok dengan sebuah program yang dibuat oleh pemerintah dengan menggeluarkan anggaran.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement