Selasa 01 Sep 2015 20:17 WIB

Esok, Ketua DPD RI Akan Orasi Ilmiah di Kampus IPB

Ketua DPD RI Irman Gusman.
Foto: dok DPD RI
Ketua DPD RI Irman Gusman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika tak ada aral melintang, Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Irman Gusman MBA akan menyampaikan orasi ilmiah di Sidang Terbuka Dies Natalis ke-52 Institut Pertanian Bogor (IPB). Mengambil tempat di  Grha Widya Wisuda, Kampus IPB, Jl Raya Darmaga, Bogor, Rabu (2/9), tema orasi “Memajukan Maritim untuk Kejayaan Indonesia”.

Sidang terbuka dipimpin Rektor IPB Prof Dr Ir Herry Suhardiyanto, dihadiri 2.500 mahasiswa dan civitas akademika.

Dalam orasi ilmiahnya nanti, Irman menerangkan, kendati memiliki sumberdaya kelautan yang kaya raya, Indonesia saat ini hanya menyandang status negeri kepulauan. Belum menjadi negara maritim. “Sebuah bangsa menjadi negara maritim jika mengoptimalkan pemanfaatan kekayaan lautnya sebagai sumber kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Indonesia sedang berjuang menuju ke sana, karena maritim maju Indonesia jaya,” ujarnya dalam siaran persnya, Selasa (1/9).

Senator asal Sumatera Barat ini menjelaskan tiga indikator utama ukuran disebut negara maritim. Kesatu, laut sebagai sumber kehidupan dan mata pencaharian yang dikelola berkelanjutan.  Kedua, kegiatan ekonomi dan perdagangan memanfaatkan laut. Ketiga, angkatan laut melindungi dan menegakkan kedaulatan nasional. “Indonesia saat ini tahap bercita-cita menjadi negara maritim.

Pencanangan visi poros maritim dunia oleh pemerintahan Joko Widodo-Muhammad Jusuf Kalla melalui Nawa Cita merupakan momentum strategis memulai langkah menuju kejayaan maritim Indonesia.”

Ketua Panitia Pelaksana Dies Natalis ke-52 IPB Dr Ir Meika Syahbana Rusli MSc Agr menyatakan, orasi ilmiah para tokoh pemimpin nasional dalam dies natalis IPB sudah beberapa kali. “Dies natalis ke-50, kami mengundang presiden keenam, Susilo Bambang Yudhoyono. Dies natalis ke-52 ini, kami mengundang Ketua DPD RI Irman Gusman,” katanya di kampus IPB.

Dia mengatakan, pihaknya mengundang Ketua DPD RI mengingat DPD RI salah satu lembaga negara yang concern dan fokus memperjuangkan agenda maritim dan negara bahari. “DPD RI merupakan pengusung usul inisiatif RUU Kelautan yang telah menjadi UU Kelautan. Kami mengapresiasi perjuangan DPD RI ini dan ke depan bersama seluruh komponen bangsa berjuang untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang jaya menuju masyarakat adil dan makmur.”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement