Rabu 26 Nov 2014 23:58 WIB

Ini Kesepakatan DPD dan Menteri ESDM

Rep: c73/ Red: Mansyur Faqih
Sudirman Said
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Sudirman Said

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komite II DPD menggelar rapat kerja dengan menteri ESDM, Sudirman Said. Rapat tersebut membahas program kerja kementerian periode 2014 dan rencana program kerja 2015. 

Rapat dipimpin oleh Ketua Komite II DPD Parlindungan Purba, senator asal Jawa Timur Ahmad Nawardi, dan senator asal Sulawesi Tenggara Rusman Emba. Sekitar 23 anggota Komite II mengikuti rapat tersebut. 

Berdasarkan pemaparan dan tanya jawab secara intensif, kedua pihak menyepakati beberapa hal. Komite II DPD mengapresiasi serta mendukung program kerja kementerian. Sepanjang, menyangkut kepentingan nasional dan untuk kesejahteraan rakyat. 

Keduanya juga menyepakati untuk dapat mengikutsertakan anggota DPD. Hal itu dalam rangka mensosialisasikan program kerja dan penyelesaian masalah terkait energi dan sumber daya mineral di daerah. 

Selain itu, keduanya akan meninjau ulang dan melakukan upaya revisi terhadap peraturan perundang-undangan bidang energi dan mineral. Yaitu, undang-undang yang yang dinilai menghambat terwujudnya ketahanan energi nasional. 

Selanjutnya, keduanya juga sepakat untuk terus berkomunikasi, dalam rangka pengawasan dan renegosiasi kerja sama pengelolaan minyak dan gas bumi serta pertambangan mineral di daerah. Hal itu baik dalam bentuk konsensi, kontrak karya, dan kontrak bagi hasil yang masa berlakunya habis. 

Komite II DPD juga mendorong rencana kementerian dalam pembangunan kilang baru dan penampungan bahan bakar. DPD juga mendorong agar kementerian dapat mengevaluasi kembali masalah cost recovery yang dibayarkan oleh negara kepada kontraktor kontrak kerja sama migas. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement