Selasa 08 Feb 2011 10:21 WIB

Papua Kembangkan Paket Wisata Puncak Cartenz

REPUBLIKA.CO.ID, TIMIKA-- Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disppora) Mimika, Papua bekerja sama dengan PT Freeport Indonesia berencana melakukan studi detail pengembangan pariwisata ke Puncak Cartensz melalui jalur Mulu, Tsinga, Distrik Tembagapura.

Kepala Dispora Mimika Adolf Haley mengatakan, hasil kajian itu nantinya akan ditindaklanjuti untuk menunjang program menjadikan Kampung Tsinga sebagai desa wisata.

"Tahun ini kami sudah sepakat dengan Freeport untuk melakukan studi detail pariwisata dan diharapkan mulai tahun depan sudah mulai pengembangan fisik, sosialisasi kepada masyarakat dan lainnya," jelas Haley.

Ia menyambut baik permintaan masyarakat Tsinga yang sangat berharap kegiatan kepariwisataan ke Puncak Cartensz dari jalur selatan dikembangkan setelah diresmikannya Lapangan Terbang perintis Mulu akhir Januari lalu oleh Bupati Mimika, Klemen Tinal.

Menurut dia, studi detail tersebut mencakup semua hal mulai dari penataan ruas jalan setapak dari Kampung Tsinga ke Puncak Cartensz termasuk penataan kampung-kampung asli tradisional masyarakat setempat.

Haley mengatakan, selama ini kegiatan pendakian ke Puncak Cartensz, sebagai salah satu dari tujuh puncak tertinggi dunia yang masih ditutupi salju abadi dilakukan melalui jalur utara dari Ilaga Kabupaten Puncak karena medannya jauh lebih ringan.

Obyek wisata pendakian bisa dilakukan dari jalur selatan yaitu melalui Kampung Tsinga belum dikembangkan karena medannya yang sulit dan sangat terjal ditambah akses transportasi yang belum tersedia.

Namun setelah dioperasikannya Lapter Mulu di Kampung Tsinga akhir Januari lalu, pendakian dari jalur selatan sangat potensial dikembangkan dan menjadi tantangan tersendiri bagi para petualang.

Saat ini tersedia transportasi reguler berupa pesawat perintis dari maskapai Susi Air dari Timika ke Tsinga dua kali seminggu dengan waktu tempuh hanya 15 menit dan biaya tiket hanya Rp175 ribu per penumpang.

Haley menambahkan, saat ini Dinas Pariwisata Provinsi Papua sedang mengangkut material bangunan untuk mendirikan "home stay" di sekitar Danau Tiga, dekat Puncak Cartensz. Program tersebut direncanakan sejak 2009, namun belum bisa direalisasikan karena medan yang sangat berat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement