Ahad 02 May 2010 02:34 WIB

Terkait Film Gigolo, Kepala Dinas Kebudayaan Diperiksa Polisi

Red: irf

DENPASAR--Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Dr Ida Bagus Sedhawa dimintai keterangan oleh penyidik Polda Bali terkait film Cowboys in Paradise yang menghebohkan masyarakat di Pulau Dewata. "Saya datang setelah ditelepon pihak kepolisian untuk berdiskusi memberikan penjelasan soal makanisme pengurusan izin syuting film, mana yang diperbolehkan dan mana yang tidak," kata Kadisbud Bagus Sedhawa usai memberikan keterangan di Mapolda Bali, Sabtu.

Ia mengatakan, sebelum izin diberikan kapada mereka yang mengajukan pembuatan film di Bali, terlebih dulu harus melewati proses penilaian di lembaga Dinas Kebudayaan Bali yang dikenal dengan Badan Perfilman Penilaian dan Pendaftaran Daerah (Bafitda). Lembaga tersebut terdiri dari berbagai unsur mulai tim kepolisian, bea cukai, imigrasi, kesbanglinmas, Parfi Bali, Komisi Penyiaran, Departemen Agama, Biro Hukum hingga Biro Kesra Pemprob Bali, jadi semua pihak terlibat dalam meloloskan ijin pembuatan suatu film.

"Khusus untuk film dokumenter Cowboys ini Paradise, kami di Dinas Kebudayaan belum mendapat pengajuan izin dari pihak sutradara atau pembuat film, jadi kami tidak melihat itu sebagai film dokumenter malainkan hanya sebuah dokumentasi pribadi saja," kata dia. Sedhawa selama sekitar satu jam memberikan keterangan di hadapan penyidik. Dia didampingi Kasi Perfilman Ketut Arcana dan seorang stafnya I Made Dauh yang turut memberikan pemahaman kepada penyidik terkait perfilman.

sumber : ant
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement