Senin, 30 Safar 1436 / 22 Desember 2014
find us on : 
  Login |  Register

LSI Prediksi Golkar Menangkan Pemilu 2014

Jumat, 15 Oktober 2010, 04:15 WIB
Komentar : 2
Golkar
Golkar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Kamis, memprediksi Partai Golkar berpotensi tampil menjadi pemenang pada Pemilu legislatif 2014. "Saat ini masih terlalu dini untuk menyimpulkan partai mana yang akan mendapat dukungan suara mayoritas dan menjadi pemenang Pemilu legislatif pada 2014," kata peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Barkah Pattimahu ketika mempresentasikan hasil survei di Jakarta, Kamis.

Barkah menjelaskan, mencermati sejarah dan aneka variabel, Partai Golkar berpotensi kembali mendominasi Pemilu legislatif 2014. Pertimbanganya, menurut dia, ada tiga.

Pertama, Partai Golkar menjadi partai politik yang tingkat kelembagaannya paling kokoh dari pendekatan sumber daya manusia, jaringan politik, dan pengalaman. "Keunggulan kelembagaan ini membuat Partai Golkar cepat bangkit kembali setelah sempat merosot pada Pemilu 1999 ketika terjadi perubahan situasi politik dari orde baru ke reformasi," katanya.

Menurut dia, meskipun perolehan suara Golkar merosot tapi hanya dari posisi pertama ke posisi kedua. Namun pada Pemilu legislatif 2004, Partai Golkar kembali tampil sebagai memenangkan Pemilu.

Pada Pemilu 2009, Golkar kembali merosot ke posisi kedua setelah Partai Demokrat  memperoleh dukungan mayoritas pemilih. "Namun dengan kekuatan kelembagaannya, Partai Golkar berpotensi bangkit kembali pada Pemilu 2014, seperti halnya pada Pemilu 2004," katanya.

Pertimbangan kedua, popularitas Ketua Umum Partai Golkar sebagai figur sentral memiliki perngaruh sangat besar dalam perolehan suara pada Pemilu.

Pada Pemilu 1999, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sangat populer yang berdampak mengangkat perolehan suara partainya menjadi pemenang Pemilu.

Pada Pemilu 2009, Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono sangat populer sehingga mampu mengangkat perolehan suara partai tersebut menjadi pemenang Pemilu. "Saat ini popularitas Megawati dan Susilo Bambang Yudhoyono sudah optimal. Tingkat kesukaan masyarakat terhadap kedua tokoh tersebut juga sudah optimal," katanya.

Sedangkan, tambah dia, popularitas Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie yang relatif baru memimpin Partai Golkar, belum optimal dan masih berpotensi untuk meningkat.

Jika Partai Golkar terus memoles citra dan popularitas Aburizal Bakrie, LSI meyakini perolehan suara Golkar meningkat pada 2014. "Jika Aburizal Bakrie mampu meningkatkan popularitasnya setara dengan Megawati pada 1999 dan setara dengan Susilo Bambang Yudhoyono pada 2009, bukan mustahil Partai Golkar akan memimpin pada Pemilu 2014," kata Barkah.

Redaktur : Siwi Tri Puji B
Sumber : Antara
(Musim) haji adalah beberapa bulan yang dimaklumi, barangsiapa yang menetapkan niatnya dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats, berbuat fasik dan berbantah-bantahan di dalam masa mengerjakan haji. Dan apa yang kamu kerjakan berupa kebaikan, niscaya Allah mengetahuinya. Berbekallah, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa dan bertakwalah kepada-Ku hai orang-orang yang berakal.(QS:Al Baqarah 197)
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar

  VIDEO TERBARU
Kiprah Gamelan Sari Raras di California
CALIFORNIA -- Gamelan Sari Raras yang merupakan bagian dari Departemen Musik, University of California Berkeley (UC Berkeley). Dibentuk sejak tahun 1988 oleh Midiyanto,...